Kamis, 20 Juni 2019 06:01

Balas Bosnya dengan Emoji "OK" di Grup Medsos, Karyawati Ini Dipecat

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Komunikasi di antara orang-orang sangat cepat berkembang sekarang. Sehingga, teknologi telah menjadi sangat maju.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Komunikasi di antara orang-orang sangat cepat berkembang sekarang. Sehingga, teknologi telah menjadi sangat maju.

Mesin faks dan pager satu arah adalah beberapa cara yang paling umum digunakan orang, untuk berkomunikasi di tempat kerja pada masa itu. Tetapi sekarang pada tahun 2019, orang-orang memiliki kenyamanan menggunakan smartphone, yang dapat mengirim pesan dalam hitungan detik!

Seolah-olah aplikasi pesan instan belum cukup instan, orang sekarang menggunakan emoji untuk menyampaikan pesan mereka. Beberapa membenarkan bahwa menggunakan ikon-ikon digital kecil, membantu mereka untuk mengekspresikan emosi atau nada suara mereka lebih baik.

Ya, saya kira kita semua bisa sepakat, bahwa menggunakan emoji sekarang telah menjadi sarana komunikasi yang sangat umum. Tetapi beberapa orang mungkin berpikir, bahwa menggunakan emoji tidak pantas untuk digunakan di tempat kerja.

Dilansir dari South China Morning Post, seorang karyawan di Changsha, Tiongkok tengah, mengalami masalah besar, ketika dia menjawab manajernya dengan emoji "OK" pada aplikasi pesan instan, WeChat.

Dia ditandai oleh manajernya dalam obrolan kelompok kerja, meminta dia mengirim beberapa dokumen rapat. Wanita itu lalu membalas:

Manajer kemudian marah atas jawabannya itu, dan memecatnya!

“Anda harus menggunakan teks untuk membalas pesan jika Anda sudah menerimanya, tidakkah Anda tahu aturannya? Apakah ini tanda terima Anda?” ujar manajer itu.

Wanita itu merasa bahwa manajernya telah melangkah terlalu jauh dan rekan-rekannya setuju.

Setelah kejadian itu, manajer mereka mengirimkan pengumuman resmi ke obrolan grup, bersikeras bahwa semua orang merespons dengan "Roger" ketika membalas pesan.

Cuplikan layar percakapan antara wanita dan manajer itu diunggah di situs microblogging, Weibo, tempat ia mengumpulkan sekitar 280 juta tampilan dan dukungan besar bagi karyawan, dengan beberapa mengatakan bahwa seorang pemimpin yang baik harus dapat menerima gaya dan karakteristik komunikasi orang yang berbeda.

"Alasan apa pun valid jika bos Anda ingin memecat Anda," komentar pengguna.

"Sejujurnya, saya tidak akan membalas pesannya," kata pengguna lain.

Ini bukan kasus terisolasi karena banyak karyawan dari Tiongkok telah dituduh oleh manajer mereka "disiplin yang buruk" dalam perilaku SMS mereka. Seorang karyawan dimarahi dalam kasus sebelumnya karena membalas "Um" dalam bahasa Tiongkok, yang diterjemahkan menjadi "dicatat".