Senin, 22 April 2019 01:00

Ini 4 Alasan Mengapa Ponsel Kita Cepat Rusak

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Saat ini tidak bisa dipungkiri banyak orang yang bergantung pada ponsel saat sedang beraktivitas sehari-hari.

RAKYATKU.COM - Saat ini tidak bisa dipungkiri banyak orang yang bergantung pada ponsel saat sedang beraktivitas sehari-hari.

Anak-anak seperti kita juga banyak yang bergantung pada alat komunikasi canggih tersebut. Selain untuk berkomunikasi, biasanya kita juga menggunakannya sebagai hiburan.

Misalnya menonton video dan bermain game adalah beberapa contoh aktivitas yang memanfaatkan fitur ponsel.

Saat ponsel kita mulai menurun performanya, biasanya kita akan berusaha sebisa mungkin agar bisa mengganti dengan yang baru.

Namun, teman-teman mungkin jarang sekali mencari tahu mengapa ponsel bisa menurun performanya atau rusak. Nah, berikut ini adalah empat alasan yang bisa membuat ponsel cerpat menurun perfomanya.

1. Menggunakan Mode Getar

Ponsel kita sama seperti perangkat lain, semakin usang dan semakin tidak efektif saat kita terus menerus menggunakannya.

David Steele, seorang Direktur Pengembangan Bisnis untuk sebuah merek ponsel mengatakan bahwa mode getar (vibrate mode) adalah kebiasaan yang membuat kerja ponsel kita lebih sulit.

Sama seperti kita, telepon perlu istirahat agar tidak panas dan rusak. Sedangkan mode getar biasanya membuat ponsel kita terus bekerja.

2. Meletakkan Ponsel di Kasur atau Bawah Bantal

Menyelipkan ponsel di bawah bantal ketika kita tidur adalah cara lain untuk memperpendek umur ponsel. Hal ini karena panas ponsel yang ada di bawah bantal akan menumpuk.

Jika ponsel sedang diisi baterainya dan ponselmu memiliki cacat bawaan, bahkan dapat menimbulkan potensi bahaya kebakaran, lo.

3. Membuka Aplikasi yang Sedang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat menghabiskan masa pakai baterai ponsel. Jika kita membuka aplikasi dan tidak menggunakannya lagi, aplikasi mungkin masih berjalan di latar belakang.

Menghapus aplikasi yang tidak kita gunakan atau tidak lagi kita butuhkan adalah sebuah solusi mudah.

Menghapus aplikasi yang tidak kita butuhkan dapat memperpanjang usia baterai ponsel kita dan juga membebaskan ruang penyimpanan ponsel.

4. Layar Ponsel Selalu dalam Keadaan Super Terang

Terkadang kita kesulitan untuk melihat gambar dan tulisan di layar ponsel karena terlalu redup, tapi hal ini dapat membuat baterai ponsel kita cepat rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan teman-teman mengaktifkan kecerahan adaptif di menu tampilan.

Perubahan ini berarti ponsel kita akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan lingkungan kita berada.

Teman-teman juga bisa mengatur tingkat kecerahan ke level serendah mungkin dan turunkan batas waktu layar menyala saat ponsel sudah tidak digunakan.