Jumat, 19 April 2019 22:05

Ping! Yuk Bernostlgia dengan Istilah-istilah di BBM

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ping! Yuk Bernostlgia dengan Istilah-istilah di BBM

PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek mengumumkan akan mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada akhir Mei mendatang.

RAKYATKU.COM - PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek mengumumkan akan mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada akhir Mei mendatang.

Berikut istilah yang melekat di BBM:

- DP (Display Picture)
Istilah ini berarti foto profil dari pengguna BBM. Beberapa saat setelah popularitasnya mulai meredup, masih banyak orang yang menggunakan istilah DP dalam menyebut foto profil dari pengguna media sosial.

- DN (Display Name)
DP berarti foto profil, maka DN merupakan nama profil dari pengguna yang akan muncul di room chat teman chatting-nya. Biasanya ada yang aneh-aneh dengan menambahkan ornamen-ornamen ramai yang entah apa maksudnya. 

- PM (Personal Message)
Pelangkap DN dan DP. Ia terletak tepat di bawah foto profil penggunanya. Isinya bisa macam-macam, mulai dari mood pengguna. jualan, hingga nama orang tersayang. Fungsinya kurang lebih sama dengan status di berbagai aplikasi berbagi pesan saat ini.

- PIN
PIN adalah kombinasi angka dan huruf yang menjadi identitas unik dari masing-masing pengguna BBM. Kalau ada yang masih ingat, PIN yang dimulai dengan angka "2" merupakan pengguna BBM dari ponsel BB, sedangkan yang depannya "5" adalah pengguna BBM dari ponsel Android.

- BC (Broadcast)
Ini adalah istilah untuk mengirim pesan yang sama ke lebih dari satu kontak. Saat ini, sebutannya bergeser menjadi BM (Broadcast Message).

- Deliv/Read
Ini selalu jadi hal yang bikin deg-degan ketika sedang PDKT. Pengguna BBM bisa melihat apakah status pesannya sudah terkirim (delivered/deliv) yang ditandai dengan huruf "D" atau hanya sekadar dibaca (read) yang ditandai dengan hurud "R".

- TC (Test Contact)
TC biasanya dilakukan pengguna BBM ketika baru mengirim pesan untuk pertama kali ke kontak barunya

- Delcont (Delete Contact)
Salah satu yang 'paling seram' dari BBM. Kalau rusak sebuah pertemanan, biasanya ini menjadi luapan kemarahan orang yang bersangkutan, dengan menghapus kontak kawannya itu dari BBM miliknya.

- Auto Text
Ini jadi salah satu hiburan terbesar dari BBM. Pasti ada yang masih ingat dengan auto text ekspresi lempar meja. Biasanya penggunanya punya begitu banyak auto text di daftar penyimpanan. Bisa dibilang, ini lebih 'advance' dari emoji karena tidak ada batasan bagi pengguna dalam bekreasi di sini.