Jumat, 19 April 2019 19:34

"Mereka Pahlawan", KPU Akan Santuni Petugas KPPS Meninggal Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Komisioner KPU, Ilham Saputra. (Foto: Kompas.com)
Komisioner KPU, Ilham Saputra. (Foto: Kompas.com)

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan memberikan santunan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dan sakit.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan memberikan santunan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dan sakit.

"Ya bisa nanti orang sakit, meninggal, kita santuni lah," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019). 

Ilham mengatakan, petugas KPPS yang sakit maupun meninggal dunia tidak hanya disebabkan karena faktor kelelahan. Ada pula yang terkena serangan jantung. 

Ilham mengakui, pekerjaan sebagai penyelenggara Pemilu sangat berat dan menguras tenaga. Oleh karena itu, KPU memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran penyelenggara Pemilu. 

"Atas nama KPU RI apresiasi kepada penyelenggara Pemilu bawah, petugas KPPS yang sakit, yang meninggal," ujar Ilham. 

"Menurut kami, mereka pahlawan demokrasi yang kemudian nanti akan berikan penghargaan kepada mereka semua, juga penyelenggara Pemilu kabupaten dan provinsi yang menyelenggarakan Pemilu 2019 yang sampak saat ini relatif berjalan baik," tuturnya.

Sejumlah petugas KPPS sakit dan meninggal dunia usai bertugas dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS. 

Ada yang tewas kecelakaan karena diduga kelelahan usai mengawal proses Pemilu. 

Petugas KPPS yang meninggal dunia di Bekasi, Malang, Tasikmalaya, Bogor, hingga Karawang.