Selasa, 16 April 2019 21:03

Ada Sayembara Pemilih-TPS Unik Berhadiah Rp120 Juta

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ada Sayembara Pemilih-TPS Unik Berhadiah Rp120 Juta

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuat sayembara dengan total hadiah Rp 120 juta bagi penyelenggara dan pemilih kreatif Pemilu 2019.

RAKYATKU.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuat sayembara dengan total hadiah Rp 120 juta bagi penyelenggara dan pemilih kreatif Pemilu 2019.

Emil, sapaan Ridwan, mengatakan ada empat kategori lomba yang digelar bagi penyelenggara dan pemilih di Jabar. Setiap kategori juara pertama hadiahnya Rp15 juta, kedua Rp10 juta, dan ketiga Rp5 juta.

"Kategori pertama saya akan apresiasi TPS dengan dekorasi terunik," kata Emil dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (16/4/2019).

Emil juga akan mengapresiasi TPS dengan angka partisipasi pemilih tertinggi di Jabar. Ada juga kategori TPS heroik dalam artian cerita perjuangan penyelenggara pemilu versi jurnalis.

"Untuk TPS yang terheroik, kami akan melihat dari versi wartawan. Biar wartawan yang menentukan mana TPS paling heroik," ucapnya.

Emil juga menyiapkan hadiah untuk pemilih yang mencoblos di TPS. Syaratnya, pemilih berfoto selfie di depan TPS dengan gaya yang unik sambil memperlihatkan tinta di jari kelingkingnya.

"Jadi selfie-nya harus di depan TPS bukan di bilik suara. Harus netral juga tidak memperlihatkan dukungannya," ucap Emil.

Lomba pemilu ini berasal dari dana operasional pribadi gubernur, bukan dianggarkan pemerintah. Pasalnya sayembara ini dilakukan secara spontanitas.

Hal itu untuk memeriahkan dan meningkatkan angka partisipasi pemilih yang ditargetkan 80 persen di Jabar. 

Tata cara sayembara bagi penyelenggara dan pemilih pemilu ini segera diumumkan di akun media sosial Humas Pemprov Jabar.