Rabu, 17 April 2019 05:00

Perbanyaklah Salawat di Bulan Syakban, Ini Hikmahnya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bulan Syakban merupakan bulan yang sangat penting dalam kehidupan muslim. 

RAKYATKU.COM - Bulan Syakban merupakan bulan yang sangat penting dalam kehidupan muslim. 

Selain karena menjadi bulan yang dekat dengan Ramadan dan sebagai bulan persiapan untuk menghadapi puasa di bulan Ramadan, ada beberapa hal yang sering diperingati secara rutin setiap bulan Syakban, yaitu malam Nisfu Syakban.

Selain malam Nisfu Syakban ada juga beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Syakban. Dalam kitab Madza fi Syakban, Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki menyebutkan beberapa peristiwa penting yang berimbas pada kehidupan beragama seorang muslim.

Salah satunya, pada bulan Syakban diturunkan ayat anjuran untuk bersalawat kepada Nabi Muhammad saw. Yaitu QS. Al-Ahzab ayat 56:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Ibnu Abi Shai al-Yamani mengatakan bahwa bulan Syakban adalah bulan salawat. Karena pada saat itulah ayat tentang anjuran salawat diturunkan.

Pendapat tersebut dikuatkan oleh pendapat Imam Sihabuddin al-Qasthalani dalam al-Mawahib-nya, serta Ibnu Hajar al-Asyqalani yang mengatakan bahwa turunnya ayat tersebut pada bulan Syakban tahun ke-2 hijriah.

Oleh karena itu, tentu akan sangat baik memperbanyak salawat kepada Rasulullah saw di bulan Syakban.

Sumber: Islami.co