Selasa, 16 April 2019 11:34

Demi Menangkan Istri Nyaleg, Wakil Bupati Ini Sebar 4.000 Amplop

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ist.
Ist.

Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Hariro Harahap ditangkap polisi atas dugaan politik uang untuk memenangkan istrinya, Masdoripa Siregar di Pileg 2019. 

RAKYATKU.COM - Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Hariro Harahap ditangkap polisi atas dugaan politik uang untuk memenangkan istrinya, Masdoripa Siregar di Pileg 2019. 

Hariro ditangkap oleh tim Satgas Money Politics Polres Tapanuli Selatan. Hariro ditangkap bersama dengan 13 orang lainnya.

Hariro Harahap diduga sudah membagikan 4.000 amplop berisi uang kepada warga. “Informasi yang kita terima ada 4.000 amplop lah,” kata Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib.

Mulanya, tim menangkap empat orang yang diduga tim sukses Masdoripa yang tengah membagikan amplop berisi uang. Dari penangkapan itu, polisi berhasil menyita 87 amplop berisi uang dan kartu nama Masdoripa Harahap.

“Saat diperiksa, mereka mengatakan kartu nama itu dari HH (Hariro Harahap),” bebernya.

Polisi melanjutkan penyelidikan ke rumah Hariro di Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Paluta, Sumatera Utara. Dari tempat itu, polisi menangkap sembilan orang, termasuk Hariro.

Selain itu, polisi juga menemukan dan langsung menyita ratusan amplop berisi kartu nama dari Masdoripa Siregar. 

Saat ini, polisi masih mendalami dari mana uang untuk money politics itu berasal. “Kalau pun tidak diketahui sumber dananya darimana, berarti ada undang-undang money laundry yang bisa dipakai oleh kepolisian,” ujarnya, dikutip Kumparan, Selasa (16/4/2019).

Sebelumya Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja menjelaskan pembagian uang kepada masyarakat itu diduga untuk memenangkan istrinya, Masdoripa Siregar.

"Barang bukti yang diamankan itu ada 3 amplop 3 jenis isinya, ada yang Rp 200 ribu Rp 250 ribu dan Rp300 ribu," kata Tatan.