Selasa, 09 April 2019 21:34

Template Huruf Braille Hanya Untuk Pilpres dan DPD RI

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan template huruf Braille untuk pemilih difabel netra di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan template huruf Braille untuk pemilih difabel netra di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Hanya saja, template huruf Braille itu hanya disiapkan untuk surat suara jenis pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Template huruf Braille itu hanya untuk surat suara Pilpres dan surat suara pemilihan DPD RI," ungkap Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi, saat dikonfirmasi, Selasa (9/4/2019).

Selain itu, kata Farid, jumlahnya pun terbatas. Template itu hanya disiapkan satu lembar untuk tiap tempat pemungutan suara (TPS).

Alhasil, template itu nantinya akan dipakai bergantian antar satu pemilih disabilitas netra dengan pemilih netra lainnya. 

"Jumlahnya per TPS satu template. Berdasarkan perencanaannya, dipakai bergantian," tambah Farid.

Template huruf Braille itupun dikabarkan telah tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Senin (8/4/2019) kemarin. Namun, kata Farid, pihaknya belum tahu kapan template itu akan didistribusikan.

"Template untuk difabel ini, kami dapat informasi sudah sampai di pelabuhan Makassar. Tapi kami belum dapat informasi dari penyedianya, dari distributornya (kapan didistribusi ke KPU)," pungkasnya.