Senin, 01 April 2019 15:16

Kemenhub Kembali Serahkan Dua Unit Bus, Dirkom Unhas: Mungkin Bisa Ditambah Lagi Pak

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, kembali menyerahkan bantuan bus angkutan untuk Universitas Hasanuddin.
Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, kembali menyerahkan bantuan bus angkutan untuk Universitas Hasanuddin.

Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, kembali menyerahkan bantuan bus angkutan untuk Universitas Hasanuddin.

RAKYATKU.COM - Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, kembali menyerahkan bantuan bus angkutan untuk Universitas Hasanuddin. 

Penyerahan secara simbolis berlangsung di lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Senin (1/4/2019). Acara itu dihadiri Kepala BPTD Wilayah XIX Adi Pracoyo; Kepala Subdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Renhard Ronald; serta Hamka B Kady, anggota DPR RI Komisi V.

Bantuan dua unit bus ini diserahkan masing-masing kepada Fakultas Hukum dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. 

Dari pihak Unhas, turut hadir dalam penyerahan bantuan ini yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Muh Restu, MP; dekan FKM Unhas, wakil dekan bidang akademik FKM Unhas, wakil dekan bidang akademik FH Unhas, dan wakil dekan bidang keuangan dan sumber daya FH Unhas.

"Beberapa waktu lalu kami telah memperoleh bantuan satu unit bus untuk operasional di Fakultas Teknik. Sekarang ini bertambah lagi dua unit diserahkan. Tentu saja, hal ini akan sangat membantu operasional dan kinerja kami," kata Prof Restu dalam sambutan singkatnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, Adi Pracoyo mengutarakan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan. 

"Kami berharap kiranya bantuan ini dapat digunakan semaksimal mungkin, dipelihara dengan baik, sehingga dapat memberi manfaat untuk civitas akademika Unhas," papar Adi Pracoyo.

Pada kesempatan itu, Hamka B Kady sebagai anggota Komisi V DPR RI menyampaikan pula apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Darat. 

"Kementerian ini anggarannya paling sedikit. Saya tahu pasti karena saya kebetulan ikut menyusun anggaran di DPR. Namun di tengah keterbatasan anggaran tersebut, bantuan ini dapat diberikan," kata Hamka.

Hamka yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi Unhas angkatan 1974 ini menyebutkan bahwa bantuan ini bukan berasal dari dirinya. 

"Ini adalah bantuan pemerintah. Karena urusan pendidikan itu bukan hanya urusan satu kementerian saja, melainkan tanggung jawab bersama berbagai pihak," kata Hamka.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, PhD menyebutkan bahwa saat ini Unhas memang memiliki kebutuhan kendaraan operasional yang semakin tinggi. 

"Kami memiliki 16 fakultas. Juga kami memiliki unit-unit akademik di luar Unhas, seperti Breeding Center di Maiwa, hutan pendidikan di Bengo-bengo, tambak di Barru, garam rakyat di Jeneponto, pengolahan gula aren di Sinjai. Tentu kita membutuhkan mobilitas ke masing-masing unit itu," papar Suharman.

Di hadapan tamu dari Kemenhub, Suharman menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan bantuan yang diberikan. "Mungkin ke depan bisa ditambah lagi Pak, agar setiap fakultas dan unit memiliki kendaraan operasional," tutup Suharman yang disambut aplaus dari hadirin.

Bantuan bus secara simbolis diserahkan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulselbar, Adi Pracoyo, disaksikan Prof Dr Ir Muh Restu MP, Hamka B Kady, dan Renhard Ronald, kepala Subdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.  

Bantuan diterima masing-masing Dr Aminuddin Syam SKM MKes, MMed Ed, dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Dr Syamsuddin Muchtar, SH MH, wakil dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan SDM Fakultas Hukum. Acara diakhiri dengan penyerahan cendera mata.