Sabtu, 23 Maret 2019 08:00

AISI: Penjualan Motor Oke-oke Saja di Tahun Politik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Kontan.
Foto: Kontan.

Agenda politik sering dikaitkan dengan kondisi pasar otomotif. Seperti tahun ini yang akan digelar pemilihan umum (Pemilu) 2019.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Agenda politik sering dikaitkan dengan kondisi pasar otomotif. Seperti tahun ini yang akan digelar pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Biar begitu, awal 2019 ini industri otomotif roda dua tidak berpengaruh besar. Dua bulan pertama 2019 penjualan motor malah naik.

Penjualan sepeda motor domestik pada Januari-Februari 2019 tercatat 1.100.950 unit. Jumlah itu naik 19,4 persen dibanding periode yang pada 2018 lalu.

"Ya betul naik. Kami melihat perekonomian cukup stabil, kemudian nggak ada kebijakan yang memberatkan industri sepeda motor, sehingga konsumen bisa merealisasikan pembelian seperti biasa," kata Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, dikutip Detik.com, Jumat (22/3/2019).

Sigit menampik tahun politik berpengaruh pada penjuan sepeda motor. "(Tahun politik) Nggak banyak pengaruhnya. Kelihatannya sih oke-oke aja," kata Sigit.

Sigit justru menyoroti kondisi lain di luar situasi politik. Sigit berharap tak ada bencana seperti banjir yang berpengaruh masa panen seperti banjir. 

"Selain terhambat distribusi, juga yang tadinya bulan ini panen jadi tertunda," kata Sigit. Masa panen yang tertunda bisa menyebabkan konsumen memilih menunda pembelian sepeda motor.