Selasa, 05 Maret 2019 10:03

KLH Puji Kawasan Alam Gowa, Adnan Minta Warga Jaga Lingkungan

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KLH Puji Kawasan Alam Gowa, Adnan Minta Warga Jaga Lingkungan

Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup, Haruki Agustina menilai Kabupaten Gowa memiliki kawasan taman alam yang sangat baik.

RAKYATKU.COM, GOWA - Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup, Haruki Agustina menilai Kabupaten Gowa memiliki kawasan taman alam yang sangat baik.

"Kita pilih Gowa karena Gowa memeliki kawasan wisata hutan alam yang baik, bahkan partisipasi masyarakatnyapun sangat baik. Serta Gowa sudah memiliki Jakstrada atau dokumen kebijakan strategi daerah dalam perencanaan pengelolaan sampah," ujar Haruki di Malino, kemarin.

Menurutnya, Gowa mempunyai target dan komitmen dalam mengembangkan kawasan bersih dari sampah. Sehingga Gowa diyakini mampu meraih piala Adipura pada penilaian selanjutnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, perlu ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan mewujudkan target nasional dan upaya pencapaian gerakan Indonesia Bersih yang bersinergi dalam pengelolaan sampah.

"Yang harus kita lakukan bagaimana partisipasi masyarakat, dan fasilitas pemerintah daerah untuk membangun usaha bersama dan berkolaborasi demi terwujudnya perilaku bersih," jelasnya.

Dia juga berharap masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih, dengan merubah pola pikir agar lebih sehat.

 

"Kita kampanyekan Gowa Bersih setidaknya jika tidak ingin membersihkan janganlah membuah sampah sembarangan, karena itu sudah sangat membantu kita. Inilah yang harus kita lakukan dalam merubah paradigma masyarakat," harap orang nomor satu di Gowa itu.