Sabtu, 09 Februari 2019 09:59

Indah: Pers Harus Ikut Mengedukasi dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, berharap, peringatan Hari Pers Nasional setiap 9 Februari, jadi momentum untuk mengedukasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berharap, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) setiap 9 Februari, menjadi momentum yang tepat bagi pers, untuk ikut serta mengedukasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

“Saya melihat tantangan terbesar yang dihadapi pers sekarang, adalah dirinya sendiri. Terutama kemampuannya menyesuaikan dengan lingkungan strategis, baik lokal, regional maupun internasional,” tutur Indah Putri Indriani, Sabtu (9/2/2019), di Masamba.

Tantangan tersebut, kata Indah, seharusnya tidak boleh terkooptasi pada kepentingan personal (wartawan), seseorang, atau kelompok atau organisasi tertentu, atau sekadar mendongkrak oplah atau kunjungan terhadap situs. Karena tugas utama pers lanjut dia, adalah mengedukasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini mengatakan, peran pers dalam sejarah bangsa, termasuk di Kabupaten Luwu Utara, tidaklah sedikit dan mudah. 

Peran itu, lanjut Indah, akan terus berlangsung dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

“Tepatlah kalau kemudian pers ditempatkan sebagai The Four State, pilar keempat negara, karena sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara begitu besar. Kita berharap dari sekian banyak story yang ditulis oleh pers, bisa menjadi bagian history di masa depan,” lanjut Indah. 

Indah juga berharap, sinergi dapat terus terbangun dan terjaga, khususnya dalam pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis digital di Luwu Utara. 

"Teruslah menggoreskan tinta sejarah, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Selamat Hari Pers Nasional. Salamaki tapada salamak,” tutup Indah. 

Peringatan HPN tahun ini, dipusatkan di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dan tema yang diangkat adalah “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Peringatan HPN setiap tahunnya dilaksanakan secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.