Kamis, 07 Februari 2019 17:21

Duh! Aplikasi iPhone Ini Diam-diam Rekam Aktifitas Layar Pengguna

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

beberapa aplikasi iPhone diam-diam merekam aktifitas layar tanpa memberi tahu pengguna, apalagi meminta izinnya.

RAKYATKU.COM - Apple membanggakan dirinya sebagai juara privasi dan keamanan, terutama di ponsel. Tapi laporan terbaru mengungkapkan bahwa perangkat mereka juga rentan.

Menurut Slashgear, beberapa aplikasi iPhone diam-diam merekam aktifitas layar tanpa memberi tahu pengguna, apalagi meminta izinnya.

Aplikasi yang dimaksud termasuk Hotels.com, Hollister, Expedia, Abercrombie & Fitch, Air Canada, dan Singapore Airlines.

Diduga tujuannya adalah untuk melihat bagaimana pelanggan berinteraksi dengan aplikasi, mempelajari penggunaannya, dan, untuk meningkatkannya.

Aplikasi curang ini bekerja sama dengan Glassbox, sebuah firma analitik pengalaman pelanggan. Layanan ini menyediakan teknologi "sesi ulangan" yang secara efektif men-screenshot layar untuk menangkap setiap sentuhan layar dan keyboard.

Hasil rekaman layar kemudian dikirim untuk analisis baik ke pengembang aplikasi secara langsung atau ke Glassbox, yang kemudian mengirimkannya ke pembuat aplikasi.

Saat ini, tidak jelas apakah aplikasi tersebut melanggar salah satu kebijakan Apple, tapi kenyataan bahwa mereka melakukannya secara diam-diam sudah merupakan tanda bahaya.