Jumat, 25 Januari 2019 14:28

Jangan Konsumsi Makanan Ini Selama Musim Hujan

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Seiring dengan datangnya musim hujan, Anda harus lebih waspada terhadap berbagai masalah kesehatan.

RAKYATKU.COM - Seiring dengan datangnya musim hujan, Anda harus lebih waspada terhadap berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang lebih rentan terjadi selama musim hujan. Misalnya diare, infeksi saluran napas, tifus, dan demam berdarah.

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan selama musim hujan, Anda perlu melakukan upaya pencegahan. Salah satunya caranya adalah dengan menghindari beberapa makanan berikut.

1. Makanan yang digoreng

Selama musim hujan, udara menjadi lebih lembap. Kondisi itu membuat kecepatan kerja sistem pencernaan menjadi lebih lambat. Akibatnya, proses pencernaan dan pengosongan usus menjadi lebih lambat. Konsumsi makanan yang digoreng – termasuk gorengan - dapat memperberat proses pencernaan.

Dilansir Klikdokter, hal tersebut dapat menimbulkan keluhan yang tidak nyaman, seperti mual, nyeri ulu hati, hingga perut kembung. Jika sudah begitu, tentu saja fungsi sistem pencernaan tidak dapat bekerja secara maksimal dan lebih rentan terhadap masalah kesehatan.

2. Sayuran berdaun

Meskipun merupakan salah satu makanan bergizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi, Anda harus memperhatikan jenis sayuran yang dimakan selama musim hujan. Kelembapan yang lebih parah di musim hujan memudahkan tumbuh dan berkembangnya kuman di beberapa sayuran berdaun.

Seperti bayam, kol, dan kubis. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis sayuran tersebut. Namun, bila Anda memang tetap ingin mengonsumsinya, pastikan kebersihan dan kematangannya.

3. Buah-buahan segar

Sebaiknya Anda menghindari konsumsi buah-buahan segar yang dijajakan di luar rumah. Alasannya, buah-buahan yang berada di luar ruangan lebih rentan terpapar udara yang terkontaminasi kotoran. Dengan begitu, kebersihannya kurang terjamin dan dapat menimbulkan masalah kesehatan bila dikonsumsi.

Di samping itu, walaupun sudah dicuci, tidak menutup kemungkinan air yang digunakan kurang terjamin kebersihannya. Jadi, lebih baik konsumsi buah-buahan yang Anda simpan di rumah.

4. Makanan laut

Musim hujan merupakan waktu ketika hewan laut berkembang biak, terutama ikan dan udang. Kondisi tersebut dapat mengurangi kesegaran ikan dan udang yang Anda konsumsi sehingga kurang baik untuk dikonsumsi.

Sebagai pilihan lain, Anda bisa mengonsumsi telur, daging, atau tempe sebagai sumber protein harian Anda. Jika harus konsumsi makanan laut, sebaiknya Anda memastikan kesegaran dan kematangannya.