Kamis, 24 Januari 2019 16:44

Raja Baru Malaysia Ini Anggota Dewan FIFA

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah
Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah

Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, Raja Malaysia yang baru, merupakan salah satu anggota dewan Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

RAKYATKU.COM, KUALA LUMPUR - Pagi ini, sekitar pukul 11 waktu Malaysia, Kamis, 24 Januari 2019, raja-raja negara bagian Malaysia, berkumpul di Istana Negara, di Putrajaya, Malaysia.

Mereka berkumpul untuk memilih Yang Di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) ke-16. 

Dilansir dari Bernama, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang, akhirnya terpilih. Sementara Wakil Yang di-Pertuan Agong, adalah Sultan Perak, Sultan Nazrin Shah.

Siapa Sultan Abdullah? Dilansir dari Wikipedia, Sultan Abdullah memiliki nama lengkap Al-Sultan Abdullah Ria'yatuddin Al Mustafa Billah Shah binni Sultan Ahmad Shah al-Musta'in Billah.

Pria yang lahir pada 30 Juli 1959 di Pekan, Pahang ini, sebelumnya adalah Sultan Pahang. 

Dia adalah anggota Dewan FIFA, Federasi sepak bola dunia. Dia dinyatakan sebagai Sultan Pahang pada 15 Januari 2019, menggantikan ayahnya, yang mengundurkan diri diputuskan pada pertemuan Dewan Kerajaan pada 11 Januari.

Sultan Abdullah adalah putra pertama dari Seri Paduka Ayahanda Sultan Ahmad Shah dari Pahang dan Seri Paduka Bonda Tengku Ampuan Afzan. Dia adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Kakak tertuanya adalah Tengku Meriam. Tengku Abdullah memulai pendidikannya di St. Thomas School, Kuantan dan melanjutkan ke Aldenham School dan Davis College , London.

Tengku Mahkota & Bupati Pahang 
Sebelum menjadi Sultan Pahang pada Januari 2019, Abdullah memegang posisi Tengku Mahkota, posisi yang dianugerahkan kepadanya oleh ayahnya pada tahun 1975. 

Abdullah memegang jabatan itu selama 44 tahun, sebelum menjadi Sultan pada Januari 2019. Selain itu, Abdullah juga ditunjuk sebagai Bupati Pahang dua kali, untuk pertama kalinya, ketika ayahnya terpilih sebagai Yang Di-Pertuan Agong pada 26 April 1979 hingga 25 April 1984. Pada 2016, ketika kesehatan ayahnya memburuk, Abdullah kembali menjabat sebagai Bupati.

Sultan Pahang 
Pada 15 Januari 2019, pada usia 59, Abdullah dinyatakan sebagai Sultan keenam Pahang modern, setelah pengunduran diri ayahnya karena sakit. Upacara berlangsung di Istana Abu Bakar, kediaman resmi Sultan Pahang.

Keluarga 
Dia pertama kali menikah di Istana Bukit Serene, Johor Bahru, 6 Maret 1986 dengan putri ketiga dari Sultan Iskandar dari Johor dengan istri pertamanya, Enche' Besar Kalsom Binti Abdullah (née Josephine Treverrow) yakni, KDYTM Tunku Hajjah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah binti Sultan Iskandar Al-Haj. 

Dia telah mendapat tambahan gelar Tengku Puan selain Paduka Putri Tunku di Johor pada tahun 1986. Dia adalah salah satu saudara perempuan Sultan Ibrahim Ismail Johor saat ini. Mereka memiliki empat putra dan dua putri bersama.

Sultan Abdullah menikah untuk kedua kalinya, pada tahun 1991 dengan Cik Puan Julia Rais, seorang mantan aktris, putri Abdul Rais. Mereka memiliki tiga anak perempuan bersama.

Putra
a) almarhum Yang Mulia Tengku Ahmad Iskandar Shah, lahir dan mati pada 24 Juli 1990, putra Azizah.
b) Yang Amat Mulia Tengku Hassanal-Ibrahim Alam Shah, lahir di Rumah Sakit Kuantan pada 17 September 1995, putra Azizah.
c) Yang Mulia Tengku Muhammad Iskandar Ri'ayat ud-din Shah (singkatnya Tengku Muhammad), lahir pada 3 Agustus 1997, putra Azizah
d) Yang Mulia Tengku Ahmad Ismail Mu'adzam Shah (Tengku Ahmad Ismail), lahir pada 11 September 2000, kembar dengan saudara perempuannya Afzan, putra Azizah.

Pada 2013, putra-putranya Tengku Hassanal Ibrahim (yang saat ini sejalan dengan Arasy Pahang) belajar di Sekolah Sherborne, Tengku Muhammad (Addin) belajar di Harrow School dan Tengku Ahmad saat ini sedang belajar di Caldicott School semuanya di Inggris.

Putri
a) Yang Mulia Tengku Puteri Iman Afzan Tengku Abdullah, putri Julia Abdul Rais, lahir pada 11 November 1992 di Rumah Sakit Pantai Kuala Lumpur. Ia menikah dengan Yang Mulia Tengku Abu Bakar Ahmad Bin Tengku Arif Bendahara Tengku Abdullah.
b) Yang Mulia Tengku Ilisha Ameera Tengku Abdullah, putri Julia Abdul Rais, lahir 1 Oktober 1993 di Rumah Sakit Pantai Kuala Lumpur.
c) Yang Mulia Tengku Ilyana Tengku Abdullah putri Julia Rais, lahir pada 20 April 1997 di Rumah Sakit Gleneagles Kuala Lumpur.
d) Yang Mulia Tengku Puteri Afzan Aminah Hafizatu'llah, (Tengku Afzan), lahir pada 11 September 2000, kembar dengan saudara laki-lakinya Ahmad, putri Azizah.
e) Yang Mulia Tengku Puteri Jihan Azizah Athiyatullah (Tengku Jihan), lahir pada 27 April 2002, putri Azizah.

Pada 2013, putrinya, anak tertua, Tengku Iman Afzan dan Tengku Ilisha Ameera, keduanya belajar di Universitas Nottingham, sementara Tengku Ilyana Abdullah belajar di Down House School juga di Inggris.

Putra Adopsi 
Sultan Abdullah juga mengadopsi seorang putra sebelum kelahirannya sendiri:

Tengku Yang Mulia Amir Nasser Ibrahim bin Tengku Arif Bendahara Ibrahim, diadopsi pada tahun 1987. Ia lahir pada tanggal 25 Agustus 1986, sebagai putra bungsu dari almarhum Tengku Arif Bendahara Ibrahim dan istri ketiganya, Czarina binti Abdullah.
Tengku Yang Mulia Amir Nasser Ibrahim dan Yang Mulia Puteri Suraiya Afzan Binti Mohamed Moiz, menikah pada 19 Desember 2013. Anak pertama pasangan ini, seorang putra bernama Yang Mulia Tengku Adam Ibrahim Shah, lahir pada tanggal 27 Desember 2015. Kedua, seorang putra bernama Yang Mulia Tengku Sulaiman Abdullah Shah, lahir 25 Juni 2018.