Minggu, 20 Januari 2019 08:00

Ingin Freelance di Internet? Lima Website ini Bisa Bikin Kamu Kaya 

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ingin Freelance di Internet? Lima Website ini Bisa Bikin Kamu Kaya 

Bekerja di zaman sekarang ini tidak lagi harus mengabdi di kantor. Tidak pula meski berada di kantor setiap hari.

RAKYATKU.COM --- Bekerja di zaman sekarang ini tidak lagi harus mengabdi di kantor. Tidak pula meski berada di kantor setiap hari. Selain bisa berwirausaha sendiri, ada cara lain juga yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan gaji dari rumah. Yaitu menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Freelancer berbeda dengan pekerja serabutan. Para freelancer tetaplah para pekerja kompeten di bidang mereka. Hanya saja hubungan antara pekerja dan pemberi kerja lebih fleksibel dalam dunia freelance. 

Kegiatan freelance sendiri memang sudah ada sejak lama. Namun perkembangan teknologi informasi semakin mempermudah kamu untuk bisa menjadi freelancer di masa sekarang. Banyak situs-situs joblisting khusus untuk para freelancer. Rakyatku.com meramu lima website yang bisa memberimu uang. Berikut websitenya. 

1. Elance

Elance adalah salah satu situs marketplace untuk tenaga kerja lepas online yang berbasis di Mountainview, California, Amerika Serikat. Elance bisa di sebut sebagai salah satu pelopor situs joblisting untuk freelancer.

Di Elance, freelancer yang sudah teregristrasi dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya melalui fitur search job. Selain itu website ini juga akan memberikan saran secara otomatis tentang lowongan-lowongan yang cocok. 

Kamu bisa melamar pekerjaan dengan mengisi formulir lamaran singkat yang sudah disediakan oleh situs tersebut. Setelah itu pihak yang membuka lowongan akan mengontakmu tentang rincian lebih lanjut apabila mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Pembayaran dari client akan disalurkan ke akunmu di Elance, semacam sistem rekening bersama. Upah itu bisa kamu tarik setiap minggunya untuk perkerjaan dengan hitungan per jam. untuk pekerjaan dengan harga jasa yang sudah ditentukan sebelumnya upah dapat dicairkan pada waktu yang sesuai kesepakatan bersama antara client dengan freelancer .

2. oDesk

oDesk adalah salah satu situs marketplace bagi freelance terbaik yang ada di dunia maya. Sejak berdiri pada tahun 2004 oDesk dianggap telah memberikan revolusi di dunia freelancer online.

oDesk menawarkan lowongan pekerjaan dalam cakupan bidang yang cukup luas. Mulai dari Untuk dapat bergabung di sana, kamu bisa melakukan registrasi secara gratis. Tidak jauh berbeda dengan Elance, pekerjaan yang ditawarkan padamu akan disesuaikan dengan daftar kemampuan yang sudah kamu sebutkan dalam profil dan resumemu. Kamu juga bisa mencari sendiri lowongan yang cocok dengan keahlianmu.

Sistem melamar pekerjaan di oDesk kurang lebih sama dengan Elance. Bahkan sejak 2013, kedua situs ini telah bergabung di bawah satu kepemimpinan, namun tetap berjalan sendiri-sendiri. Pembayaran pun tidak berbeda jauh, client akan membayar gajimu melalui perantara oDesk yang memberi jaminan bahwa bayaran yang kamu terima sesuai dengan kesepakatan kerja. 

3. Proz
Proz adalah situs job listing untuk freelance yang berkonsentrasi dalam bidang bahasa atau penerjemah. Jadi buat kamu-kamu yang berminat dan mahir dalam menerjemahkan bahasa ini dia tempatnya, karena ada banyak kesempatan untuk pekerjaan di bidang penerjemah di sini. Situs web yang berbasis di Syracuse, New York, Amerika Serikat ini tersedia dalam lebih dari 45 bahasa.

Setelah regristrasi di Proz.com kamu dapat menjabarkan identitas profesionalmu sebagai penerjemah dalam profil dan mulai mencari atau menerima tawaran kerja yang sesuai dengan kemampuanmu lewat situs tersebut. Selain fitur untuk mencari dan menerima pekerjaan sebagai penerjemah, Proz juga memiliki layanan lain, seperti forum diskusi, kamus online, dan lain-lain, meskipun sebagian besar dari layanan ini berbayar.

4. Sribulancer

Kali ini kita akan membahas tentang situs job marketplace untuk freelancer asal dalam negeri yaitu Sribulancer. Situs web yang diluncurkan pada September 2014 ini menawarkan variasi lowongan pekerjaan yang luas mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Setelah mendaftar untuk tergabung dalam Sribulancer, kamu harus membuat profil yang menjelaskan tentang deskripsi jasa yang kamu tawarkan, portofolio kamu, keahlianmu, upah yang kamu patok untuk jasamu dan sebagainya. Klien dapat menghubungi kamu apabila mereka tertarik ketika melihat profilmu. 

Sistem pembayaran di Sribulancer menggunakan sistem transfer antar bank yang dirasa sesuai dengan pasar Indonesia, di mana pengguna kartu kredit atau produk sejenisnya belum terlalu banyak. Upah dari klien disalurkan ke akun Sribulancer yang bertindak sebagai rekening bersama dan bisa dicairkan ketika kewajiban freelancer sudah terpenuhi.


5. Gobann
Gobann juga merupakan situs marketplace untuk freelancer asal tanah air untuk kamu-kamu yang tertarik menjadi pekerja lepas. Yang berbeda dengan Sribulancer pada Gobann adalah estimasi bayaran yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan pekerjaan melalui situs web tersebut. Bahkan tidak ada estimasi dalam soal bayaran, karena sesuai namanya jasa-jasa yang ditawarkan dalam Gobann semuanya dipukul rata menjadi Rp50.000 rupiah.

Di sini kamu juga tidak hanya mencari pekerjaan tapi menawarkan jasamu kepada para calon klien di mana fitur ini disebut Kangtao. Jadi alih-alih mencari, kamulah yang menawarkan keahlianmu dengan satuan harga Rp50.000,-. Tak pelak, patokan harga khusus ini membuat tidak sedikit dari para freelancer di Gobann jadi menawarkan jasa-jasa unik seperti membersihkan kamar dalam satu jam, menirukan suara binatang, menjadi penasihat asmara atau ahli spiritual dan lain sebagainya. 

Itu tadi lima situs marketplace yang bisa digunakan para freelancer buat mencari pemasukan. Kalau kamu tertarik, ada tekad dan kemampuan tidak ada salahnya kamu mencoba salah satu dari situs-situs di atas.

Untuk yang ingin dapat bekerja secara fleksibel dan bisa menentukan targetnya sendiri, freelance adalah cara yang bagus untuk mencari pemasukan. Apabila dilakukan dengan dedikasi, pekerja lepas dapat menjadi profesi yang menguntungkan dan menghasilkan prestasi. Dan buat yang mengejar karir di suatu bidang khusus, pengalaman bekerja sebagai freelancer juga dapat menjadi tonggak yang bagus untuk membangun reputasi dan kompetensimu.