Jumat, 11 Januari 2019 17:29

"Izinkan Para Pendeta Menikah," Duterte Tuding 90 Persen Uskup Gay

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte kembali membikin panas telinga Gereja Katolik. Itu setelah dia meminta gereja mengizinkan para imam mereka untuk memiliki pacar.

RAKYATKU.COM, FILIPINA - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte kembali membikin panas telinga Gereja Katolik. Itu setelah dia meminta gereja mengizinkan para imam mereka untuk memiliki pacar.

Pidato mengejutkan itu, diberikan pada upacara peletakan batu pertama untuk sebuah sekolah di dekat ibukota Manila, pada Jumat, (11/1/2019).

Duterte mengklaim, sebagian besar imam adalah gay, saat ia menggandakan klaim sebelumnya, bahwa hampir 90 persen dari pastor adalah homoseksual. 

"Hanya aku yang bisa mengatakan, bahwa para uskup adalah anak-anak lelaki yang sial. Itu benar. Kebanyakan dari mereka adalah gay," katanya.

"Mereka harus keluar di tempat terbuka, membatalkan selibat dan membiarkan mereka punya pacar," lanjutnya sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

Duterte, yang adalah seorang Katolik yang taat, sebelumnya telah berbicara secara terbuka, tentang pelecehan masa kecilnya di tangan seorang uskup.

Itu terjadi hanya sebulan, setelah Duterte mengatakan dalam sebuah pidato di Istana Kepresidenan di Filipina, bahwa para imam Katolik adalah orang bodoh yang tidak berguna, yang harus dibunuh.  

Pernyataan kuat Duterte, diyakini telah dibuat sebagai tanggapan terhadap oposisi gereja Katolik, yang mengkritik perang pemerintahnya yang sedang berlangsung terhadap narkoba, yang telah menewaskan ribuan orang.

Menurut laporan lokal, komentar Duterte dibuat saat pidato di istana presiden pada 6 Desember.

"Para uskup yang kalian miliki, bunuh mereka. Mereka adalah orang bodoh yang tidak berguna. Yang mereka lakukan hanyalah mengkritik," kata Duterte. 

Dia juga menyebut gereja 'lembaga paling munafik', dan mengatakan bahwa Tuhannya berbeda dari satu umat Katolik.  

Gereja Katolik juga telah menyampaikan keprihatinan mereka, setelah kematian tiga pendetanya sejak Desember 2017.

Namun, Duterte telah membalas balik di gereja pada berbagai kesempatan, tentang moralitas gereja mengingat skandal pelecehan seksual internasional yang melibatkan para imam.