Sabtu, 05 Januari 2019 14:58

Kelompok Bersenjata Obrak-abrik Kantor TV di Gaza

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kelompok Bersenjata Obrak-abrik Kantor TV di Gaza

Orang-orang bersenjata telah menyerbu kantor-kantor TV Palestina milik Presiden Mahmoud Abbas di Gaza. Aksi itu diramalkan merupakan langkah yang dapat memperburuk ketegangan antara pemimpin Otoritas

RAKYATKU.COM - Orang-orang bersenjata telah menyerbu kantor-kantor TV Palestina milik Presiden Mahmoud Abbas di Gaza. Aksi itu diramalkan merupakan langkah yang dapat memperburuk ketegangan antara pemimpin Otoritas Palestina dan gerakan Hamas yang memerintah wilayah tersebut.

Rafat Al-Qidra, direktur kantor TV, mengatakan lima pria mendobrak masuk pada Jumat pagi dan menghancurkan kamera, mengedit dan menyiarkan peralatan bernilai hampir $150.000.

"Siapa pun yang memerintah di Gaza harus memberi perlindungan kepada semua orang di sini," Qidra mengatakan kepada kantor berita Reuters, Sabtu (5/1/2018).

Stasiun itu menyiarkan materi yang mendukung Otoritas Abbas yang didukung Barat, yang basis kekuasaannya terletak di Tepi Barat yang diduduki . Pejabat stasiun segera menyalahkan Hamas atas serangan itu.

"Hamas sangat terlibat dalam konspirasi ini," kata Ahmed Assaf, ketua Perusahaan Penyiaran Palestina (PBC), berbicara kepada saluran di kota Ramallah yang diduduki Tepi Barat.

PBC mengeluarkan pernyataan yang mengatakan serangan itu adalah "refleksi yang jelas dari mentalitas gerakan Hamas dan geng kriminal yang hanya percaya pada suara mereka, dan yang berusaha untuk menekan kebebasan".

Baik Assaf maupun PBC tidak menawarkan bukti atas tuduhan mereka, dan para pejabat Hamas dengan cepat mengutuk insiden itu. 

"Apa yang terjadi ditolak, dan kami mengutuknya," Eyad al-Bozom mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Hamas di Gaza. Dia mendesak pejabat stasiun untuk bekerja sama dengan simpatisan.

Wartawan AFP di lokasi kejadian menemukan sejumlah kamera video dan komputer rusak parah, dengan kursi dan pintu hancur.

Stasiun TV dapat melanjutkan siaran dari Gaza di kemudian hari. Serangan itu secara luas dikutuk oleh faksi-faksi politik Palestina lainnya dan oleh para jurnalis.

Pada Maret 2018, PA menyalahkan Hamas atas serangan bom terhadap Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah. Kelompok itu membantah klaim itu dan kemudian mengatakan pasukan keamanannya membunuh tersangka utama dalam serangan itu.

Sudah lama ada antipati antara Hamas, yang memenangkan pemilihan parlemen Palestina terakhir pada 2006 dan menentang negosiasi damai dengan Israel, dan dengan faksi Fatah yang lebih moderat dan sekuler .

Kedua rival telah gagal mengakhiri divisi sejak 2007.

TV Palestina berhenti bekerja sepenuhnya setelah penyitaan tahun 2007 dan baru kembali bekerja sebagian pada tahun 2011.

Mesir telah memperantarai pakta rekonsiliasi Palestina yang mengatur agar Hamas menyerahkan kendali Gaza kepada Abbas , tetapi perselisihan mengenai pembagian kekuasaan telah menghambat implementasi kesepakatan tersebut.