Jumat, 04 Januari 2019 14:52

RSUD Andi Makkasau Parepare Kini Dilengkapi Alat Operasi Sendi

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
RSUD Andi Makkasau Parepare Kini Dilengkapi Alat Operasi Sendi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare kini dilengkapi Arthroscopy atau alat operasi persendian.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare kini dilengkapi Arthroscopy atau alat operasi persendian.

Melalui alat canggih ini, operasi persendian tidak membutuhkan perawatan lama, dan pembedahan hanya dilakukan 0.5 cm pada sendi yang bermasalah. 

Ketua Komite Medik RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Mahyuddin Rasyid mengatakan, alat bedah persendian tersebut kini dapat dioperasikan di RSUD terakreditasi madya itu. 

"Sudah ada, Rumah Sakit Andi Makkasau sudah dapat mengoperasi persendian dengan teknik moderen. Hanya dengan sayatan kecil, lalu memasukkan kamera atau endosopic camera ke bagian sendi-sendi, lalu dokter akan memebedah dengan melihat layar di monitor," kata dr Mahyuddin, Jumat, (4/1/2019).

Penggunaan alat arthroscopy ini kata dia, memiliki banyak keunggulan dibanding operasi pada umumnya. Salah satu adalah durasi waktu perawatan bagi pasien yang terbilang singkat. 

“Kalau operasi biasa, pasien akan dirawat agak lama setelah operasi, tetapi dengan arthroscopy, perawatan pasien lebih singkat bisa sampai 1 atau 2 hari, dan bekas sayatannya juga tidak terlalu nampak karena hanya 0.5 centimeter," detail Mahyuddin.