Selasa, 15 Oktober 2024 14:03
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dekranasda melaksanakan Rapat Kerja Daerah dan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Sulsel dan di hadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Kota Se Sulawesi Selatan, termasuk Pj Ketua TP PKK Kabupaten Wajo, Ny Farida A. Bataralifu di Hotel Claro Makassar (14/10/2024).

 

Dalam kegiatan itu, Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel untuk memperkuat branding dan marketing produk-produk khas Sulsel, sehingga menguasai pikiran rakyat Indonesia. 

"Selamat kepada ibu-ibu yang baru saja dikukuhkan. Jadi ada kebijakan di pemerintahan, baik di Pemprov Sulsel maupun kabupaten kota, bagaimana cara memasukkan branding kita di dalam pikiran masyarakat," kata Prof Zudan.

Baca Juga : DPRD Wajo Terima Koalisi Aksi Mahasiswa Aspirasi, Terkait Isu Mutasi Bergulir Jelang Pilkada

Menurut Prof Zudan, pemasaran dan branding produk paling penting untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif. Ini merupakan cara untuk meningkatkan ekonomi pelaku usaha kerajinan di 24 kabupaten kota se-Sulsel. 

 

"Ini penting membangun branding produk seperti kain sutra, dan oleh-oleh yang kita miliki. Kita siapkan produk yang memiliki branding yang kuat, dan bagaimana melakukan marketing produk. Jadi bagaimana menancapkan produk asal Sulsel ke dalam pikiran masyarakat Indonesia," ujar Prof Zudan. 

Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan, menyampaikan, seluruh pengurus Dekranasda Sulsel merupakan pengurus yang sudah bekerja sejak Mei 2024 lalu. Namun, baru sempat dikukuhkan saat ini. 

Baca Juga : Oknum Camat di Wajo Diperiksa Bawaslu, Diduga Langgar Netralitas ASN

Ninuk Zudan menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Sulsel, dari Perbankan, BUMN dan BUMD, serta seluruh pihak terkait. Apalagi, kegiatan ini murni bantuan dari perbankan, BUMN, BUMD dan pihak terkait lainnya. 

"Dukungan dari perbankan dan seluruh BUMN dan BUMD sehingga kegiatan kita hari ini tidak menggunakan APBD sepeser pun. Ini semua murni bantuan dari lembaga perbankkan, BUMN dan BUMD," kata Ninuk Zudan. 

"Terima kasih semua kerja keras ibu-ibu Dekranasda yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan masyarakat untuk mewujudkan ekonomi kreatif dan menghidupkan ekonomi masyarakat lewat kerajinan dari masyarakat kita," tuturnya. 

Baca Juga : Kampanye di Kecamatan Majauleng, Amran Mahmud Sampaikan Pencapaian dan Optimisme Lanjutkan Program Gerbang Pammase

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulsel Melani Simon, Ketua IWABA, Deputi Bank Indonesia, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel. 

Penulis : Abd Rasyid. MS