Rabu, 09 Oktober 2024 15:45
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh membuka Pertandingan Olahraga yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-355, di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur pada Rabu, 9/10/2024.

 

Peringatan tahun ini mengusung tema “Sulawesi Selatan, Rumah Kita untuk Semua”. Tema ini menegaskan bahwa Sulsel bukan hanya tempat tinggal bagi berbagai suku, agama, dan budaya, tetapi juga rumah bagi kebersamaan, keragaman, dan harmoni. Dalam perbedaan, terdapat kekuatan dalam kebersamaan, tercipta kemajuan.

"Hari ini khusus untuk mengakrabkan antara OPD dan instansi vertikal dengan berbagai cabang olahraga yang bersifat untuk memperkuat tali silaturahmi. Termasuk olahraga tradisional dan prestasi," ujar Prof Zudan.

Baca Juga : Berkat Inovasi Pasti Beraksi, Pemprov Sulsel Raih Penghargaan SDG's Action Award 2024

Tahun ini, berbagai cabang olahraga dipertandingkan. Seperti Futsal, Sepak Takraw, Domino, Catur, dan Terompah. Lomba ini melibatkan Instansi Vertikal Se-Sulawesi Selatan dan Perangkat Daerah/Unit Kerja Lingkup Pemprov Sulawesi Selatan.

 

Prof Zudan juga menekankan pentingnya kepemimpinan dan kerjasama dalam kegiatan ini.

"Yang dipentingkan di sini adalah kebersamaan. Salah satu ciri strong leadership adalah yaitu kemampuan menggerakkan anggota," jelasnya.

Baca Juga : Pj Sekda Buka Workshop Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Pemkot Makassar

Dia menambahkan bahwa kualitas pemimpin kuat juga terlihat dari kemampuan berkomunikasi dan menggerakkan tim. "Jadi konseptualnya harus bagus, komunikasinya harus bagus, dan kemampuan menggerakkan. Itu tiga ciri strong leadership atau kepemimpinan yang kuat," ungkapnya.

Pada perayaan HUT Sulsel ke-355 ini, juga akan dipilih OPD dan ASN terbaik.

"Kita akan pilih tiga ASN terbaik dan tiga OPD terbaik, kriterianya adalah mereka yang mendapatkan penghargaan terbaik, baik penghargaan internasional, nasional dan regional," katanya.

Baca Juga : Sekda Sulsel Jufri Rahman Diundang Beri Kuliah Umum di STIA LAN Makassar

Perayaan HUT Sulsel sudah diawali sejak 5 Oktober dengan berbagai layanan, diantaranya operasi gratis bibir sumbing.