Selasa, 01 Oktober 2024 16:44
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, WAJO - Peringatan hari Kesaktian Pancasila Ke-59 tingkat Kabupaten Wajo digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati Wajo, Selasa (1/10/2024). Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu menjadi Inspektur Upacara. Sementara pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Wajo H. Firman Perkesi.

 

Dalam sambutannya, Andi Bataralifu menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan pada perjalanan sejarah bangsa ini yang penuh dengan berbagai ujian dan tantangan. 

"Dengan kekuatan nilai-nilai Pancasila yang melekat dalam jiwa bangsaIndonesia, mampu melewati segala bentuk ancaman terhadap keutuhan negara dan persatuan bangsa," ujarnya.

Baca Juga : Andi Bataralifu Hadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Sulsel, Bahas Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pilkada 2024

Bataralifu menjelaskan, Kesaktian Pancasila bukan hanya sekadar lambang atau jargon, tetapi sebuah bukti nyata bahwa bangsa Indonesia memiliki keteguhan hati, keberanian, dan kecerdasan dalam mempertahankan ideologi dan identitas bangsa.

 

Makna Hari Kesaktian Pancasila, kata dia, menjadi semakin relevan dan bermakna di era saat ini. Dalam konteks kehidupan modern dan arus globalisasi yang terus mengalir deras, kita memerlukan Pancasila sebagai benteng moral dan ideologi. Nilai-nilai Pancasila mengajarkan tentang pentingnya persatuan, keadilan, kemanusiaan, dan gotong royong sebagai pondasi dalam menghadapi tantangan zaman dan mengantarkan menuju Indonesia Emas, sebuah bangsa yang maju, makmur, adil, dan bermartabat.

"Sebagai Aparatur Sipil Negara dan warga masyarakat Kabupaten Wajo, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjadikan Pancasila sebagai kompas moral dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari," ungkapnya. 

Penulis : Abd Rasyid. MS