Kamis, 26 September 2024 23:23
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Bupati Wajo Andi Bataralifu hadir dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Secara Tatap Muka yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulsel, di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar pada Rabu 25/9/2024.

 

Pada Kegiatan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan mengusung tema “Deklarasi Netralitas Kepala Desa se Sulsel pada Pemilihan Serentak Tahun 2024,” yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen kepala desa dalam menjaga netralitas selama proses pemilihan.

 

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar RDP Bahas Posisi PLT Kadis Pendidikan dan Pemuda Olahraga yang Telah Melewati Batas Waktu

Acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Sekda, Bawaslu Sulsel, KPU Sulsel, Perwakilan BIN Sulsel, Pj dan Pjs Bupati/Wali Kota, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan jajaran Bawaslu Kabupaten/kota.

 

Kegiatan Bawaslu Sulsel ini merupakan tindaklanjut terhadap Surat Ketua Bawaslu RI bernomor 986/PP.00.00/K1/08/2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Netralitas Kepala Desa oleh Bawaslu Provinsi sebagai langkah strategis untuk membangun komitmen menghadapi Pilkada Serentak.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan netralitas kepala desa pada Pilkada serentak sangat penting. Sebab, kualitas Pilkada Serentak yang bermartabat, bergantung terhadap netralitas kepala desa beserta perangkatnya.

Baca Juga : Dua Pasangan Calon Kepala Daerah Wajo Pengundian Nomor Urut, Bupati Incumbent No 2

Sementara Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrollah dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulsel, Muhammad Saleh menyampaikan netralitas Aparatur Pemerintahan sangat dibutuhkan pada Pilkada Serentak 27 November mendatang.

Netralitas Aparatur Pemerintahan tidak lepas untuk menjaga kepercayaan publik. Serta memastikan pelayanan publik tidak terpengaruh atas kepentingan politik. Sehingga semua pihak dapat merasakan manfaat yang adil dan setara.

Sementara Pj.Bupati Wajo mengungkapkan bahwa Bawaslu Provinsi Sulsel pada kegiatan ini secara tidak langsung telah memberikan edukasi terbaik kepada aparatur termasuk para kepala desa dalam koridor sebagai aparatur pemerintah untuk tetap menjaga netralitas pada gelaran pilkada serentak tahun ini.

Baca Juga : Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 Pemkab Wajo Gelar Pengajian

"Mari kita sama-sama ciptakan suasana kondusif, demokrasi yang hebat dan berintegritas serta tetap berkomitmen dalam menciptakan pilkada yang damai," ungkapnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS