Selasa, 10 September 2024 13:53
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) saat mendaftarkan ke KPU Sulsel pada Kamis 29/8/2024.
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua lembaga survei baru saja mengeluarkan hasil surveinya untuk Pilgub Sulsel 2024. Dimana pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) lebih tinggi dari pesaingnya pasangan Danny Pomanto-Azhar Arsyad (DIA).

 

Lembaga survei tersebut adalah Indeks Politik Indonesia (IPI) yang menyebut tingkat elektabilitas Andi Sudirman-Fatma 63,4%, sementara Danny Pomanto-Azhar 22%. Sedangkan Lembaga Survei Indikator merilis tingkat elektabilitas Andi Sudirman 46,3% dan Danny Pomanto 9,6%.

Pengamat politik Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Rhesa menyebut, hasil survei kedua lembaga tersebut sangat rasional.

Baca Juga : Cuti Dua Bulan untuk Pilkada, Danny Pomanto Ingatkan Netralitas ASN

“Saya kira tingginya tingkat elektabilitas Andi Sudirman itu rasional, karena dia sudah punya tingkat keterkenalan sebagai gubernur. Apalagi selama itu juga relatif tidak ada kontroversi yang dikeluarkan di masyarakat,” kata Rhesa pada Senin (9/9/2024). 

 

Dikatakan, dalam teori psikologis ada yang disebut sebagai teori konfirmasi bias.

“Secara teori itu, jika masyarakat tidak merasa menemukan alternatif (pemimpin) yang memang lebih bagus, maka memilih yang lain yang dianggap lebih berisiko. Sehingga inilah yang secara psikologis membuat masyarakat lebih memilih Andi Sudirman Sulaiman,” tambahnya. 

Baca Juga : Puluhan Ribu Warga Gowa Ikuti Jalan Anti Mager Bersama Andi Sudirman Sulaiman

Selain itu, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi bisa disebut sebagai figur yang memiliki modal dasar pendukung yang cukup kuat. 

Fatmawati Rusdi punya basis di Ajatappareng seperti Kabupaten Sidrap, Pinrang, Parepare, serta Dapil 3 Sulsel yang merupakan basis dari suami Fatma, yakni Rusdi Masse. Terlebih lagi Fatma terpilih di Dapil 1 (Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar ). Sementara di Dapil 2 kan basis Andi Sudirman, khususnya Kabupaten Bone. Jadi kekuatan ini menjadi besar,” bebernya.