Rabu, 04 September 2024 08:37
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh secara simbolis menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah bagi korban bencana dan santunan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Barru. Penyerahan dilakukan di Baruga Singkeru Ada'e Rujab Bupati Barru, Selasa (3/09/2024).

 

Dalam sambutannya, Bupati Suardi Saleh mengapresiasi upaya BPJS Ketenagakerjaan Barru-Pangkep yang telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Barru. Ia juga menekankan pentingnya sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan agar semakin banyak warga yang terlindungi.

"Jumlah santunan JKM yang diberikan jauh lebih besar dari premi yang dibayarkan peserta. Ini menunjukkan manfaat nyata dari program ini," ujar Bupati Suardi Saleh

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Bupati Suardi Saleh juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga ahli waris pegawai non-ASN yang menerima santunan JKM. Ia mengingatkan bahwa kematian adalah bagian dari kehidupan.

 

"Dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan bantuan yang sangat berarti," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa honorer hanya perlu membayar iuran Rp10.800 per bulan, namun jika meninggal dunia, ahli waris akan menerima santunan Rp42 juta, ditambah beasiswa untuk anak-anak hingga perguruan tinggi maksimal Rp174 juta.

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

Terkait bantuan rehabilitasi rumah, Bupati Suardi Saleh menegaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak bencana.

"Bantuan ini tepat sasaran dan tidak ada kaitannya dengan pilkada," tegasnya.

Ia berharap bantuan serupa dapat terus diberikan di masa mendatang untuk meringankan beban masyarakat, terutama yang kurang mampu.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Semarak Hari Jadi Desa Lompo Tengah ke-64

Kepala Dinas PUTR Perkim melalui Kabid Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Musakkir, ST, MM, menjelaskan bahwa pada tahun 2024 dialokasikan 110 unit rumah untuk direhabilitasi dan ditingkatkan kualitasnya.

"Kami berharap program ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Barru Pangkep, Pimpinan Cabang Bank Sulselbar, perwakilan BPBD, camat, lurah, kepala desa, serta masyarakat penerima bantuan.