Senin, 02 September 2024 09:07
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, WAJO - SMP 1 Sengkang kembali mengukir prestasi gemilang dengan menyabet berbagai juara dalam ajang bergengsi di Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo. 

 

Festival ini bertujuan melestarikan dan mengembangkan bahasa ibu, menanamkan modal pengetahuan tentang bahasa ibu pada anak. Melalui kegiatan ini juga diharapkan semua bisa mencintai dan bangga akan kekayaan budaya bahasa Daerah Bugis dan dapat melestarikannya.

Kegiatan berlangsung pada 30-31 Agustus 2024, dan diikuti oleh berbagai sekolah dari seluruh wilayah Kabupaten Wajo pada Minggu (1/9/2024). 

Baca Juga : Pemkab Wajo Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Empat Proyek Inovasi

Pada festival tersebut, para siswa SMP 1 Sengkang berhasil menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam berbagai cabang lomba, termasuk lomba pidato bahasa daerah, komedi dengan bahasa tradisional, dan menulis cerpen berbahasa ibu. Total, sekolah ini berhasil membawa pulang 8 piala juara dari berbagai kategori Putra dan Putri.

 

Mereka yang menjadi peserta diantaranya lomba Dongeng Putra oleh Baso Aidil Ardiansyah, juara 01 dan Putri oleh Riska juara 02. Lomba Cipta Cerpen Putra oleh Andi Muhammad Qutzam. F. A juara 01 dan Putri oleh Andi Ainun Putri Ahmad juara 02.

Lomba Pidato Putra oleh Muhammad Naufal Rusman Asrinda harapan 01 dan Putri oleh Zafirah Arkeisia Umar juara 03. Lomba Komedi tunggal Putra oleh Andi Ahmad Avif juara 03 dan Putri oleh Andi Alfiah Nabila juara 02.

Baca Juga : Sesmen Parekraf RI Kunjungi Kabupaten Wajo, Tekankan Pengembangan Desa Wisata

Kepala Sekolah SMP 1 Sengkang, Drs. H. Umar, S.Pd., M.M. menyampaikan rasa bangganya terhadap para siswa yang telah berjuang keras dan memberikan yang terbaik dalam setiap lomba yang diikuti. 

"Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras para siswa, dukungan penuh dari para guru, dan juga partisipasi orang tua. Kami berharap ini menjadi motivasi bagi siswa lain untuk terus berprestasi, tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga di tingkat yang lebih tinggi," katanya.

Penulis : Abd Rasyid. MS