Kamis, 29 Agustus 2024 21:55
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh secara resmi membuka lomba Katingting Race Tahun 2024 di Pantai Selayang Pandang, Lingkungan Lapakaka, Kelurahan Bojo Baru, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Kamis (29/8/2024).

 

Kegiatan tahunan ini menjadi bagian dari perayaan HUT ke-50 Lingkungan Lapakaka dan sekaligus menyemarakkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Bupati Suardi Saleh mengapresiasi konsistensi masyarakat Lapakaka dalam menyelenggarakan lomba Katingting Race sejak tahun 2000.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Ia juga menyoroti sejarah panjang Lingkungan Lapakaka, khususnya wilayah Ujung Lero yang pernah menjadi fokus perhatiannya saat bertugas di Kabupaten Pinrang.

 

"Ujung Lero itu sangat padat penduduknya, sehingga program KB sulit berjalan efektif," ungkap Bupati.

Bupati Suardi Saleh berharap lomba Katingting Race dapat terus dikembangkan dan menjadi daya tarik wisata bahari di Kabupaten Barru. Ia mengusulkan berbagai inovasi menarik, seperti lomba balap gabah atau lomba memancing sambil balap katingting, untuk menarik minat wisatawan.

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

"Garis pantai kita yang panjang dan indah, serta matahari terbenam yang spektakuler, adalah aset berharga yang harus kita manfaatkan untuk pariwisata," tegas Bupati.

Selain sebagai ajang silaturahmi dan melestarikan budaya maritim, lomba Katingting Race juga diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk lebih mencintai laut dan potensi maritim daerah.

Ketua panitia, Anci Herman, menyampaikan bahwa lomba ini diikuti oleh 34 peserta dari seluruh Kecamatan Mallusetasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan melestarikan budaya leluhur dalam penguasaan bidang kemaritiman.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Semarak Hari Jadi Desa Lompo Tengah ke-64

Bupati Suardi Saleh melihat potensi besar Kabupaten Barru di sektor pariwisata bahari. Dengan garis pantai yang panjang dan keindahan alam yang masih alami, Barru memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lomba Katingting Race diharapkan dapat menjadi salah satu event tahunan yang mampu menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Pemerintah Kabupaten Barru juga berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sektor pariwisata, termasuk menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.