Minggu, 14 Juli 2024 13:29
Sekdis pendidikan Sulsel A.Ibrahim memeriksa pelaksanaan MPLS di Selayar
Editor : Lisa Emilda

RAKYATKU.COM,SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di Sulsel telah usai dilaksanakan. Termsuk MPLS di SMAN 2 Selaÿar juga telah berakhir dan ditutup oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Dr Andi Ibrahim, S.Pd, M.Pd, Sabtu (13/7/2024).

 

Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 ini, SMAN 2 Selayar yang dipimpin Tajuddin, S.Pd ini menerima 140 peserta didik baru yang kesemuanya telah mengikuti MPLS selama 3 hari.

Sekdisdik A Ibrahim di hadapan ratusan siswa baru dan seluruh guru SMAN 2 Selayar, menyampaikan bahwa melalui MPLS siswa-siswi baru dapat mengenal lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Baca Juga : Plt Bunda PAUD Barru Pantau MPLS, Pastikan Transisi Jenjang PAUD ke SD Menyenangkan

"Seperti mengetahui di mana letak mushollanya, letak toilet sekolahnya, letak laboratoriumnya, ruang guru, ruang kepala sekolahnya, kebersihan sekolahnya, dan mengetahui ruangan lainnya, "ujar eks Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Guru Penggerak Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulsel ini.

 

Demikian juga kepada guru, melalui MPLS ini diharapkan mampu mendiagnosis seluruh peserta didik baru dalam rangka menentukan jenis masalah atau kelainan masing-masing siswa. Dalam hal ini, guru harus meneliti dan menganalisis latarbelakang penyebab dan gejala-gejala yang tampak pada siswa.

Selain itu, guru juga sangat diharapkan melakukan diagnosis bakat dan potensi yang dimiliki masing-masing siswa, sehingga dalam proses pembelajaran nantinya tidak ada kendala, dan juga wajib mengetahui prilaku dan karakter seluruh siswa-siswinya.

Baca Juga : Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau dan Bau Busuk

Pada penutupan MPLS di SMAN 2 Selayar, A Ibrahim yang selalu tampil ramah dan bersahabat ini, menyerahkan hadiiah kepada siswa-siswi yang meraih juara beberapa kategori lomba pada kegiatan MPLS di SMAN 2 Selayar ini.

Termasuk memberikan bonus uang jajan kepada siswa-siswi yang berhasil menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan dadakan dari Sekdisdik A Ibrahim, seperti siswa ditanya 10 nama guru lengkap dengan gelarnya di SMAN 2 Selayar.

Di SMAN 2 Selayar, Sekdisdik A Ibrahim yang didampingi Kacabdisdik Selayar Usman, S.Pd, M.Pd, bertanya kepada siswa baru, siapa nama lengkap kepsek SMAN 2 Selayar dan nama lengkap istrinya, siapa nama lengkap Kepala Cabang Dinas (Kacabdisdik) Wilayah VI Selayar, dan pertanyaan laiinnya terkait kegiatan MPLS.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Apresiasi Dukungan Program Pantai Berseri  di Selayar

Seluruh siswa yang berani tampil dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Sekdisdik Sulsel A Ibrahim, masing-masing diberikan uang jajan Rp 50 ribu persiswa yang menjawab dengan benar.

Diketahui, SMAN 2 Selayar yang beralamat di Kelurahan Batangmata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, saat ini memiliki siswa keseluruhan berjumlah 500 orang. (**)