Rabu, 10 Juli 2024 22:03

Adnan Purichta Ichsan: Rakernas APKASI XVI Bangun Sinergi Antar Pemerintah untuk Maju

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan: Rakernas APKASI XVI Bangun Sinergi Antar Pemerintah untuk Maju

Presiden RI, Joko Widodo meminta daerah untuk adaptif dan berinovasi dalam mengembangkan potensi masing-masing.

JAKARTA --- Presiden RI, Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI dan APKASI Otonomi Expo 2024 serta APKASI Procurement Network Tahun 2024 di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (10/7). 

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan bahwa tantangan ke depan akan semakin rumit dan kompleks. Oleh sebab itu, ia meminta daerah untuk adaptif dan berinovasi dalam mengembangkan potensi masing-masing.

“Persaingan antarnegara sekarang ini semakin ketat sehingga potensi-potensi yang ada di daerah harus dikembangkan, baik dari sisi finansial, pangan, energi, industri, teknologi, maupun pariwisata,” pesan Joko Widodo.

Baca Juga : SS Sport Centre Gowa Diresmikan

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian juga memberikan sejumlah pesan penting yang perlu diperhatikan kepala daerah diantaranya untuk fokus pada kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan dan pegembangan sumber daya manusia (SDM).

"Para kepala daerah harus berperan aktif dalam menghidupkan sektor swasta untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) karena beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi alam yang besar dan tak kalah dengan sejumlah tempat wisata populer di dunia, seperti Maldives. Potensi inilah yang perlu ditangkap kepala daerah agar dapat meningkatkan PAD-nya," jelas Tito.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APKASI), Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kegiatan rakernas pada tahun ini mengangkat tema “Sinergitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju”.

Baca Juga : DPRD Setujui Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemkab Gowa Tahun 2023

"Dengan adanya sinergitas pembangunan keberlanjutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan maka akan membawa daerah-daerah di Indonesia menjadi daerah yang lebih baik, lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera," ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Rakernas ini turut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Ketua APKASI yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama jajaran pengurus APKASI, Walikota Solo sekaligus Wakil Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania bersama sejumlah pimpinan SKPD dan Sekretaris Desa Se-Kabupaten Gowa.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan #Apkasi