Kamis, 29 Februari 2024 23:43

Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Rp200 Juta untuk Pembangunan Stadion di Sudiang, Zulkifli Nanda; Infrastruktur Jalan jadi Prioritas

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
dok:Google
dok:Google

pembangunan stadion merupakan program strategis nasional (PSN) yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar ambil bagian dalam rencana pembangunan stadion di Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Pemkot Makassar menyiapkan anggaran Rp200 miliar untuk menghadirkan infrastruktur jalan di kawasan stadion. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda mengatakan, infrastruktur jalan di kawasan stadion menjadi salah satu program yang diprioritaskan. 

Baca Juga : Bappeda Makassar Gelar Musrembang RPJPD 2025/2045 tahap Pertama

Apalagi, pembangunan stadion merupakan program strategis nasional (PSN) yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo.

Ditambah lagi Wali Kota Makassar Danny Pomanto telah menginstruksikan untuk mendukung hal-hal sekaitan pembangunan stadion di Makassar.

"Tetkait program strategis Pak Jokowi, kita backup yang jadi kewenangan Pemkot.  Misalnya stadion kita bantu dengan menghadirkan infrastruktur jalan," ucap Andi Zulkifli Nanda, Kamis (29/2/2024). 

Baca Juga : Serapan Realisasi Anggaran 22 Opd Di Triwulan I 2024 Di Bawah Target 25 Persen Kepala Bappeda Makassar; Butuh Strategi

Pembangunan jalan tersebut direncanakan akan tembus ke jalan lingkar Maminasata sehingga memudahkan akses jalan menuju stadion. 

Sehingga jalur atau akses menuju stadion tidak hanya fokus pada satu jalan saja.

"Nanti stadion lalu lintasnya tidak hanya terpaku pada jalan perintis saja tapi bisa memecah arus lalu lintas ke jalan lingkar maminasata," jelasnya.

Baca Juga : Bappeda Makassar Gelar Rapat Hasil Penulisan RPJPD Kota Makassar

Pembebasan lahan akan dilakukan jika dalam lingkup rencana pembangunan tersebut bersinggungan dengan lahan warga.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menegaskan, Pemkot Makassar siap untuk memback up hadirnya stadion di Makassar.

"Saya yakin bahwa presiden kasih yang terbaik untuk Sulsel, jadi bukan sekadar 15 ribu (kapasitas). Saya kira ini setara dengan stadion utama yang berarti kalau utama di atas 50 ribu. Itu berarti, bukan hanya penontonnya dari Makassar, tapi dari Bone, Maros, Gowa dan dari daerah lainnya," kata Danny

Baca Juga : Kepala Bappeda Makassar Dampingi Wali Kota Danny Tinjau Proyek MGC

Selain menyiapkan anggaran infrastruktur jalan, Danny juga akan menganalisa dan meneliti sistem transportasi di kawasan tersebut.

Soal kekhawatiran terkait kehadiran stadion bisa mengganggu aktifitas penerbangan, Danny menilai jika posisi pembangunan stadion tidak masuk dalam kerucut dalam Kawasan Operasi Keselamatan Penerbangan (KKOP).

"Seperti Stadion Schipol di Amsterdam, dia tidak masuk di kerucut dalam," tandasnya.(*)

#Bappeda Makassar #Pembangunan Stadion Sudiang #Zulkifli Nanda