Senin, 04 Maret 2024 12:15

PT Vale dan PSM Makassar Kolaborasi Tingkatkan Pengembangan Ekraf di Lutim

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale Indonesia kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar berupaya mengintegrasikan pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) lokal, UMKM, dan olahraga di Luwu Timur (Lutim). (Foto: PT Vale Indonesia)
PT Vale Indonesia kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar berupaya mengintegrasikan pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) lokal, UMKM, dan olahraga di Luwu Timur (Lutim). (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia dan PSM Makassar berkolaborasi mengintegrasikan pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) lokal dan olahraga di Luwu Timur, memberikan kesempatan bagi pemuda lokal untuk terlibat dalam industri olahraga dan UMKM, serta memperkuat ekosistem yang inklusif di tingkat lokal.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berupaya mengintegrasikan pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) lokal, UMKM, dan olahraga di Luwu Timur (Lutim).

Kolaborasi itu dinilai bisa memberikan kesempatan bagi pemuda lokal, khususnya untuk terlibat dalam industri olahraga dan UMKM.

Menguatkan kolaborasi itu, PT Vale menggelar Rembuk Ekonomi Kreatif (Ekraf) bersama Bumdesma Anatowa Otolu, Kecamatan Nuha, bersinergi Karang Taruna Luwu Timur dan komunitas Laskar Ayam Jantan (LAJ) di Teras Koperasi, Sorowako, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Director External Relations PT Vale, Endra Kusuma, mengungkapkan kolaborasi tidak hanya dalam bentuk sponsorship. Dalam kerja sama ini, PSM juga memberi andil untuk turut memasarkan produk UMKM lokal binaan PT Vale.

"Kolaborasi dengan PSM di antaranya berupa pengembangan promosi produk unggulan mitra binaan UMKM, sebagaimana kita tahu bahwa PSM Makassar sangat dikenal di kancah sepakbola nasional maupun internasional,” ujar Endra.

Rembuk UMKM ini merupakan agenda tahunan untuk membicarakan tantangan dan peluang kegiatan minat maupun bakat olahraga melalui event-event pertandingan yang berpeluang menghadirkan kesempatan usaha bagi para pelaku UMKM binaan PT Vale dan Pemkab Luwu Timur.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Tak hanya menjadi ruang berdiskusi bagi para pelaku UMKM binaan dan penggiat olahraga serta kepemudaan, rembuk ini juga menjadi tempat belajar bersama untuk memajukan UMKM sekaligus mendukung olahraga di Luwu Timur.

Ketua Bumdesma Anatowa, Otolu Zulfikar Arna, mengatakan kolaborasi yang dilakukan bisa memberikan kesempatan bagi pemuda lokal untuk terlibat dalam industri olahraga dan UMKM. Termasuk dalam peningkatan potensi sumber daya di unit usaha Bumdesma Anatowa Otolu.

“Melalui event seperti ini, secara otomatis akan terjadi peningkatan visibilitas UMKM kami. Kami juga berkomitmen untuk terus membangun komunikasi dan kolaborasi dengan komunitas salah satunya yang ada di Sorowako." jelas Zulfikar.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

Menurutnya, olahraga memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan pemuda. Olahraga mengajarkan nilai-nilai seperti kerja tim, disiplin, dan ketekunan, yang merupakan kualitas yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan kewirausahaan.

“Melalui program-program olahraga, pemuda dapat dilatih untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan berorientasi pada hasil, yang dapat mereka terapkan dalam mengembangkan UMKM dan ekonomi lokal,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna LuwuTimur, Yudi Burhan, berujar dengan memadukan potensi pemuda, nilai-nilai olahraga, dan pengembangan ekonomi lokal serta UMKM, ekosistem yang berkelanjutan dan inklusif di tingkat lokal bisa tercipta. Hal itu diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

#PT Vale Indonesia #PSM Makassar