Sabtu, 02 Maret 2024 18:06

Pj Sekda Gowa Sambut Kunjungan Pj Bupati Bone di Makam Pahlawan Arung Palakka

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Sekda Gowa Sambut Kunjungan Pj Bupati Bone di Makam Pahlawan Arung Palakka

Ziarah makan ini merupakan rutinitas tahunan Pemkab Bone jelang Peringatan Hari Jadi Bone pada April mendatang.

GOWA --- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima kunjungan Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone di Kabupaten Gowa.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan ziarah makam pahlawan yakni Raja Bone Ke-15 Arung Palakka dan Sultan Hasanuddin yang merupakan rutinitas tahunan Pemkab Bone jelang Peringatan Hari Jadi Bone pada April mendatang.

"Hari ini kami menerima kunjungan bapak Pj Bupati Bone bersama jajaran di Makam Arung Palakka sebagai salah satu rangkaian rutin mereka dalam peringatan Hari Jadi Bone, sehingga kami menerima dengan baik sekaligus ikut mendampingi sampai ke Makam Sultan Hasanuddin," ungkap Abdul Karim Dania usai melakukan ziarah makam, Sabtu (2/3).

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

Ia berharap melalui kunjungan ini kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Gowa dan Pemerintah Kabupaten Bone dapat terus terjalin sebagai bagian yang tidak terpisahkan khususnya dalam memajukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin menyampaikan, dirinya bersama jajaran telah melakukan ziarah makam pahlawan Raja-Raja Bone sejak 26 Februari kemarin dan hari ini mengunjungi Kabupaten Gowa karena salah satu makam Raja Bone dimakamkan di Kabupaten Gowa.

"Ini adalah kegiatan rutin kita jelang Ulang Tahun atau Hari Jadi Kabupaten Bone, dan sebelum puncaknya kita awali dengan ziarah makam. Jadi kami keliling ke beberapa kabupaten mulai tanggal 26 Februari kemarin, kami ke Bulukumba untuk ziarah makam Raja Bone yang Ke-9, kemudian ke Bantaeng ziarah makam Raja Bone Ke-11, kemudian ke Jakarta Raja Bone yang ke-31 dan kembali hari ini kami ziarah makam di makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka," ungkapnya.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

Ia menyebut, ziarah makam ini juga dilakukan untuk terus menanamkan rasa kecintaan, patriotisme dan terima kasih selaku anak-anak bangsa kepada pahlawan Raja Bone yang dengan perjuangannya terdahulu sehingga Bone bisa menjadi seperti sekarang ini.

"Tanpa beliau, Raja-raja Bone, kita tidak akan mungkin bisa seperti sekarang ini. Selain itu kami mencoba menjadikan ziarah makam ini sebagai spirit dan semangat untuk bisa berbuat dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia," jelasnya.

Olehmya pada kesempatan itu, diri ya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa karena mampu menerima dengan baik setiap tahunnya, apalagi dari sejarahnya Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan terbukti Raja Bone Arung Palakka ini dimakamkan di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

"Kami berterimakasih dan mengapresiasi jajaran Pemkab Gowa, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menjaga silaturahmi ini, menjaga ikatan batin ini agar apa yang telah dikrarkan oleh Raja kita ini dapat kita lestarikan dan lanjutkan secara bersama-sama," tutupnya.

#Pemkab Gowa