Kamis, 29 Februari 2024 14:05

Pj Gubernur Sulsel Kunjungi-Berikan Santunan Korban Longsor Bastem Luwu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), saat membesuk korban yang menjalani perawatan di Rumah Sakit At Medika, Kota Palopo, Kamis (29/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), saat membesuk korban yang menjalani perawatan di Rumah Sakit At Medika, Kota Palopo, Kamis (29/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memberikan santunan kepada korban longsor Bastem, Luwu, saat berkunjung ke Rumah Sakit At Medika, Palopo. Dia juga menyampaikan apresiasi kepada pihak rumah sakit yang membebaskan biaya perawatan bagi korban.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berkunjung ke Kabupaten Luwu untuk berkoordinasi terkait penanganan bencana longsor di Bastem. Dia juga membesuk korban yang menjalani perawatan di Rumah Sakit At Medika, Kota Palopo, Kamis (29/2/2024).

Di rumah sakit ini, Pj Gubernur Bahtiar menyerahkan santunan Rp5 juta kepada korban yang dirawat. Sementara, santun kematian Rp15 juta diberikan kepada ahli waris korban meninggal dunia di Mako Brimob, Kecamatan Bua, Luwu.

Korban yang sedang dirawat merasa terharu dengan kedatangan Pj Gubernur Bahtiar yang didampingi Pj Bupati Luwu dan Pj Wali Kota Palopo.

Baca Juga : Korban Hilang Akibat Banjir di Wajo Ditemukan Meninggal Dunia

"Saya habis operasi, ada patah bahu (tulang belikat). Terima kasih atas kedatangan Bapak Gubernur, ini menjadikan kami semangat," kata Ririn, yang bekerja di Puskesmas Bassesang Tempe Utara.

Adapun korban selamat lainnya, Nirwana, saat kejadian akan pergi bertugas ke puskesmas. "Saat kejadian mau pergi bertugas, alhamdulillah kondisi sekarang sudah agak baikan," ucapnya.

Sementara, Selvina kerabat dari korban meninggal dunia, Emilia, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan.

Baca Juga : Nakes Sulsel Rela Jalan Kaki untuk Layani Korban Banjir dan Longsor di Titik Terisolir Latimojong

Diketahui, berdasarkan data BPBD Sulsel, Rabu (28/2/2024), pukul 16.58 Wita, jumlah korban meninggal dunia sebanyak lima orang. Masing-masing Emelia (30), Miskawati (21), Mariana (57), Wanto (18), Ratang (50).

Sementara, korban luka yang dirawat di rumah sakit sebanyak delapan orang. Adapun korban selamat 11 orang serta 14 kendaraan roda dua telah dievakuasi.

"Masyarakat Sulsel dan pemerintah provinsi tentu menyampaikan duka cita," kata Pj Gubernur Bahtiar.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dalam melakukan penanganan bencana, baik dari pemerintahan di Luwu maupun Palopo. Demikian juga dengan Basarnas, termasuk dari pihak swasta dan masyarakat.

"Saya lagi sekali lagi terima kasih kepada masyarakat dan tim yang sangat cepat dan sigap, semua terkonsolidasi. Saya kira ini menjadi contoh juga, kita tidak berdoa ada kejadian. Tetapi, cara penanganan longsor di Bastem ini menjadi contoh yang baik," ujarnya.

Demikian juga dengan bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak. "Juga sudah ada dari kabupaten dan kota serta juga Bank Sulselbar, mungkin juga ada swadaya dari masyarakat yang belum disampaikan kepada kita," tuturnya.

Baca Juga : Daftar Korban Meninggal Dunia Banjir dan Tanah Longsor di Luwu

Secara khusus, Pj Gubernur Bahtiar mengapresiasi manajemen dan direksi Rumah Sakit At Medika Palopo yang membebaskan biaya penanganan ataupun perawatan kepada korban.

"Seluruh pasien yang ada di sini, korban longsor itu tidak dikenakan biaya satu sen pun. Jadi, santunan dari pemerintah provinsi bukan digunakan untuk biaya rumah sakit. Pak Dirut langsung mengatakan, semua yang dirawat di rumah sakit ini dibebaskan gratis jadi tidak ada biaya satu sen pun dikenakan," bebernya.

Dia juga bahwa menyampaikan akses jalan di lokasi longsor sudah bisa dilalui.

#Pemprov Sulsel #Longsor Luwu