Kamis, 29 Februari 2024 08:15

Hadir di Inacraft 2024, Barru Pamerkan Anyaman Bambu Cenrapole

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama dengan Plt. Ketua TP PKK Barru, Ulfah Nurul Huda, pada gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (28/2/2024).
Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama dengan Plt. Ketua TP PKK Barru, Ulfah Nurul Huda, pada gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (28/2/2024).

Barru tampil di Inacraft 2024 dengan memamerkan anyaman bambu cenrapole dari sentra IKM Cenrapole sebagai upaya memperluas pasar produk kerajinan tangan lokal. Dukungan penuh dari pemerintah daerah dan Kementerian Koperasi UKM serta harapan untuk memimpin ekspor produk kerajinan tangan di kawasan ASEAN menjadi sorotan utama pada hajatan akbar ini.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama dengan Plt. Ketua TP PKK Barru, Ulfah Nurul Huda, turut hadir dalam acara pembukaan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (28/2/2024).

Inacraft 2024, yang merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, menandai keikutsertaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dalam memperkenalkan hasil kerajinan tangan masyarakatnya.

Suardi menyatakan kehadiran mereka merupakan bentuk perhatian dan dukungan untuk memperluas pasar produk kerajinan tangan Barru, baik secara nasional maupun internasional.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Di antara produk yang dipamerkan adalah anyaman bambu dari sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Cenrapole di Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau.

"Anyaman bambu 'cenrapole' ini merupakan salah satu binaan Dekranasda Barru," kata Suardi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, yang juga hadir pada kesempatan ini menekankan potensi besar Indonesia dalam industri kerajinan tangan.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Dalam sambutannya, pihaknya menyatakan keyakinannya dengan kekayaan sumber daya manusia dan keterampilan pengrajin, Indonesia berpeluang besar meningkatkan pangsa pasarnya dalam industri kerajinan global.

Tidak hanya itu, Menkop UKM berharap Indonesia dapat masuk dalam daftar 10 negara pengekspor kerajinan tangan terbesar di dunia. Dengan branding yang kuat dari Inacraft di kawasan ASEAN, harapannya Indonesia akan menjadi pemimpin dalam ekspor produk kerajinan tangan di kawasan tersebut.

Selain Bupati dan Plt. Ketua TP PKK Barru, acara ini juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, A. Ratnawaty, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, Ushuluddin, serta pengurus Dekranasda Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru