Rabu, 28 Februari 2024 14:05

Pergantian Direktur PT SCI, Pemprov Sulsel: Hasil Evaluasi Komisaris

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ichsan Mustari.
Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ichsan Mustari.

Pergantian direktur PT SCI didasari hasil evaluasi komisaris dengan tiga direktur diganti berdasarkan SK dari Pj Gubernur Sulsel. Langkah ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kinerja perusahaan BUMD tersebut.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ichsan Mustari, membenarkan adanya pergantian direktur pada PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel. Ia menyatakan pergantian tersebut berdasarkan keputusan komisaris setelah dilakukan evaluasi.

Tiga direktur yang diganti, yakni Direktur Utama, Rendra Darwis, Direktur Umum dan Keuangan, Ernida Mahmud, serta Direktur Pengembangan Usaha, Dedy Irfan Bachri. Surat keputusan (SK) pemberhentian ketiganya telah ditandatangani Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

"Memang betul ada pergantian. Karena memang hasil dari evaluasi yang dilakukan oleh komisaris PT SCI. Itulah dilakukan pergantian beberapa direktur dan itu tidak semua. Ada satu masih bertahan," jelas Ichsan, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga : Korban Hilang Akibat Banjir di Wajo Ditemukan Meninggal Dunia

Dia mengungkapkan keputusan tersebut berdasarkan penilaian-penilaian objektif komisaris yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja PT SCI.

"Penilaian tentu oleh komisaris yang dituangkan dalam bentuk surat keputusan dari Pj Gubernur Sulsel," kata Ichsan.

Diketahui, PT SCI merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipimpin Tanri Abeng sekaligus Ketua Komite Ekonomi Sulsel.

Baca Juga : Nakes Sulsel Rela Jalan Kaki untuk Layani Korban Banjir dan Longsor di Titik Terisolir Latimojong

Sebelumnya, Tanri Abeng mengaku mendapatkan kehormatan dari Pemprov Sulsel karena dipercaya menjadi Ketua Komite Ekonomi Sulsel sekaligus memimpin BUMD.

Adapun langkah yang akan dilakukan salah satunya terdapat mekanisme baru dalam mengelola aset yang ada yang diharapkan memberikan nilai tambah para pelaku ekonomi.

Untuk memberdayakan BUMD, semua sektor terlebih dahulu akan diklasifikasikan di bawah holding yang diberi nama Sulsel Citra Indonesia, yang harus mampu berkomunikasi dengan swasta nasional maupun swasta asing atau investor untuk dapat menarik investasi di Sulsel.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

"Inti dari gerakan baru ini adalah pembentukan Badan Usaha Milik Daerah yang karakternya sama dengan badan usaha milik negara yang saya dirikan 25 tahun lalu," ungkap Tanri Abeng.

#Pemprov Sulsel