Kamis, 15 Februari 2024 16:15

ASUS Zenbook 14 OLED, Tipis dengan Prosesor Intel Core Ultra

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: ASUS)
(Foto: ASUS)

Dengan desain ramping, layar 3K OLED, baterai tahan lama, beragam port, dan fitur kesehatan mata, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan kinerja andal dan kenyamanan yang tak tertandingi bagi pengguna dalam berbagai aktivitas.

RAKYATKU.COM - Kehadiran ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) menjadi laptop tertipis yang mengusung prosesor Intel Core Ultra, prosesor andal yang kinerjanya sudah teruji. Kali ini ASUS memadukannya dengan kecerdasan AI yang membuat seri ini jauh melebihi ekspektasi pecinta brand dari Taiwan ini.

Bagi Anda yang mencari perangkat kerja portable, seri ini merupakan pilihan tepat karena selain slim dan ringan, kehandalannya dalam menjalankan berbagai aplikasi tidak diragukan lagi. Laptop ini juga mengusung banyak fitur canggih untuk memberikan dukungan penuh pada pengguna dan memberikan pengalaman kerja yang tidak biasa.

ASUS Zenbook 14 OLED sudah menggunakan Windows 11 Home terbaru yang dilengkapi dengan Copilot. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Tak hanya itu, laptop ini juga sudah dilengkapi Office Pre-Installed. Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office
Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100 persen aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Simak Keandalan ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405)
ASUS kembali menghadirkan laptop yang menggunakan teknologi tinggi dengan desain kekinian sehingga terlihat elegan dan modern. Seri ini mengusung prosesor generasi meteor lake terbaru yang dilengkapi NPU AI Boost untuk pemrosesan AI on-device

Tim ASUS berhasil memangkas berat produk terbaru ini sehingga tinggal 1,2 kg dengan ketebalan 14,9 mm. Dibanding dengan generasi sebelumnya, UX3402, seri ini lebih tipis 20 mm dan lebih ringan 10%. Karena ringan dan tipis, memudahkan pengguna untuk membawanya kemana saja. meski demikian, kehandalan laptop ini tidak bisa diragukan.

1. Prosesor
Keunggulan pertama dari seri terbaru keluaran ASUS ini berasal dari prosesor Intel Core Ultra yang diusungnya. Ada dua varian yang bisa Anda pilih, yaitu prosesor Intel Core Ultra 7 155H dengan 16 core / 12 threads serta boost clock speed 4,8 GHz dan Intel Core Ultra 5 125H dengan 14 core / 18 threads yang punya boost clock speed 4.5 GHz.

Kedua varian ini sama-sama mengusung iGPU Intel Arc dan juga NPU AI Boost yang membuat pemrosesan AI jadi lebih cepat. selain itu juga mendukung penggunaan baterai sehingga lebih hemat.

2. RAM
Seri ini mempunyai RAM yang cukup lega, 32GB dengan jenis LPDDR5X on-board namun tidak dapat di upgrade karena bobotnya yang tidak memungkinkan untuk penambahan slot storage. Jika ingin kapasitas lebih besar, Anda bisa memilih varian M.2 NVMe PCIe 4.0 dengan kapasitas 1TB yang dapat memuat banyak data dan aplikasi.

3. Layar
Layar menjadi fokus tim ASUS dalam mendesain seri terbaru ini dengan menyematkan layar berukuran 14 inci yang cukup lega untuk menjalankan berbagai aplikasi. Jenis layar yang dipasang berupa panel ASUS Lumina OLED.

Dengan spesifikasi yang dimiliki, layar ini mempunyai resolusi 3K (2880 x 1800) dan refresh rate 120Hz dan color gamut 100 perse DCI-P3 yang mempunyai tingkat kecerahan maksimal hingga 600 nits. Jenis layar ini termasuk mumpuni dan canggih karena sudah mengusung fitur touchscreen.

4. Baterai
Kemampuan kerja dari OLED 14 seri ini semakin mumpuni berkat dukungan baterai berkapasitas besar, 75Whrs, yang dapat digunakan selama seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

Dengan mengusung fitur fast charging Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya. Kualitas layar yang mumpuni dan efisiensi yang dimiliki perangkat ini menjadikan penggunaan daya lebih efektif sehingga tidak cepat habis.

5. Banyak Port
Meski didesain ramping dan ringan, namun tim ASUS tetap menghadirkan banyak perlengkapan dalam laptop ini untuk menunjang penggunaan, seperti pada ketersediaan port.

Anda dapat memilih port USB-C Thunderbolt 4, USB-A 3.2 Gen 1, HDMI 2.1, hingga jack audio 3.5 mm. Zenbook 14 OLED (UX3405) juga ramah lingkungan karena dirancang dengan standar MIL-STD-810H.

6. Fitur Kesehatan Mata
ASUS tidak hanya mengedepankan performa dan desain tetapi juga keselamatan dan kesehatan penggunanya. Karena itu, seri ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat meminimalkan sinar biru yang berbahaya pada mata. laptop 14 OLED juga dilengkapi dengan sistem reduksi radiasi untuk keamanan pengguna.

7. Kamera
Untuk menunjang aktivitas online seperti zoom dan meeting lainnya, seri ini juga mengusung kamera yang mumpuni. Kamera tersebut dapat menghasilkan gambar terbaik meski dalam pencahayaan yang minim. Untuk hasil suara juga jernih karena dilengkapi fitur yang dapat meminimalkan suara luar yang masuk.

Dengan berbagai keunggulan yang diusungnya, produsen memasarkan seri terbaik ini dengan harga sekitar Rp. 17 jutaan. Harga tersebut sangat sesuai dan sebanding dengan performa dan segudang fitur keren yang dapat dinikmati oleh pengguna.

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan pengalaman kerja yang sangat nyaman dengan performa handal kepada penggunanya. Bagi Anda yang sedang mencari laptop berkelas untuk berbagai penggunaan, seri ini merupakan pilihan tepat.

#Ulasan ASUS Zenbook 14 OLED