Jumat, 02 Februari 2024 07:10

Bupati Luwu Utara: Kualitas LPPD Harus Meningkat, Bukan Hanya Rutinitas Tahunan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menekankan peningkatan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sebagai fokus utama, bukan sekadar rutinitas tahunan. Ia menekankan perlunya kesungguhan dalam menyusun LPPD dengan integritas data pendukung untuk mencerminkan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) harus meningkat secara kualitas dari waktu ke waktu.

Indah menyampaikan hal itu saat membuka kegiatan Penguatan Capaian LPPD, Pelaksanaan Coaching Clinic, dan Sosialisasi Permendagri 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan LPPD Luwu Utara TA 2023, Kamis (1/2/2024).

"Kegiatan penyusunan LPPD ini saya harap tidak sekadar rutinitas tahunan, tapi benar-benar apa adanya, lengkap dan akuntabel sehingga bisa menggambarkan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara," katanya.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Indah berharap, kualitas LPPD dari waktu ke waktu juga makin baik. Jadi, tidak sekadar memenuhi jadwal pelaporan yang sudah ditentukan. Akan tetapi, disertai dengan data pendukung.

Dia mengingatkan laporan yang dimuat dalam LPPD harus benar-benar menyertakan data pendukung. Sebab, tanpa data pendukung, maka bisa saja kegiatan dianggap tidak dilaksanakan.

"Perangkat daerah tidak bisa membebankan sepenuhnya LPPD ini ke bagian pemerintahan. Sebab, bagian pemerintahan bukan penyusun, hanya mengompilasi. Yang menyusun adalah unit kerja. Untuk itu, pimpinan perangkat daerah saya harap berkomitmen dalam penyediaan data, jangan memberi data sampah," tuturnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Selain itu, Indah juga berharap agar pengisian indikator dilakukan secara riil sesuai dengan kondisi yang ada sehingga data-data yang ditampilkan benar-benar menggambarkan keadaan sebenarnya.

Plh. Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otoda Kemendagri, Imelda, mengatakan LPPD menjadi inti dari semua laporan.

"2021 dan 2022 Luwu Utara pada posisi sedang dan walaupun tahun ini masih di posisi sedang, tapi capaiannya cukup signifikan di 2,9. Kami berterima kasih karena Ibu Bupati menghadirkan langsung pimpinan perangkat daerah sebagai wujud dukungan dan komitmen," ucapnya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Saat ini kami mengajukan 17 kepala daerah berdasarkan hasil evaluasi LPPD yang diputuskan tim evaluasi nasional. Kami berharap Ibu Bupati bisa mencapai 10 besar untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden RI," ungkapnya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani