Jumat, 02 Februari 2024 14:00

PT Vale Kolaborasi Pemkab Luwu Timur Tanam Pohon di DAS

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale Indonesia berkolaborasi Pemkab Luwu Timur dan masyarakat melakukan penanaman pohon di daerah aliran sungai (DAS) sebagai langkah mendukung pembangunan jaringan air bersih dan pelestarian lingkungan. (Foto: PT Vale Indonesia)
PT Vale Indonesia berkolaborasi Pemkab Luwu Timur dan masyarakat melakukan penanaman pohon di daerah aliran sungai (DAS) sebagai langkah mendukung pembangunan jaringan air bersih dan pelestarian lingkungan. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia, bersama Pemkab Luwu Timur dan masyarakat setempat, melaksanakan penanaman pohon di daerah aliran sungai (DAS). Kegiatan ini dihadiri perwakilan pemerintah, BPBD, komunitas bikers, dan masyarakat setempat, sebagai langkah mendukung pembangunan jaringan air bersih dan pelestarian lingkungan.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia berkolaborasi Pemkab Luwu Timur dan masyarakat melakukan penanaman pohon di dua lokasi, yaitu sumber mata air Korobalaba, Desa Asuli, Kecamatan Towuti, dan Sungai Pontawa, Desa Ledu-ledu, Kecamatan Wasuponda, Luwu Timur, Sulsel. Kegiatan ini berlangsung dua hari, Minggu (28/1/2024) dan Senin (29/1/2024).

Penanaman pohon dihadiri perwakilan Pemkab Luwu Timur, BPBD Luwu Timur, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, Koramil Nuha, komunitas bikers, dan perwakilan masyarakat setempat.

Director of External Relations PT Vale mengungkapkan perseroan rencananya akan membangun jaringan air bersih di Desa Asuli dan Ledu-Ledu. Mendukung rencana itu, pihaknya melakukan penanaman pohon di sepanjang Sungai Korobalaba dan Sungai Pontawa.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

"Sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber mata air. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga sumber air dan area tersebut agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara berkelanjutan," katanya.

Jumlah bibit pohon yang ditanam 100 pohon lokal dan 60 pohon buah, seperti durian, mangga, lengkeng, dan alpukat.

“Kegiatan ini bagian dari upaya kami menjaga DAS (daerah aliran sungai) yang selama ini airnya dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air bersih. Kami juga mendonasikan bibit pohon buah dengan harapan dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar," ujar Endra.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Dia berharap warga sekitar dapat terus memelihara pohon-pohon yang ditanam dengan baik agar dapat membawa manfaat untuk pelestarian lingkungan dan kehidupan manusia. Pohon, kata dia, berfungsi menjaga ketersediaan air, menjaga ekosistem hutan, dan memberikan oksigen.

"Kami mengajak masyarakat sekitar untuk ikut melestarikan ekosistem sehingga sumber mata air dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Sebab, pohon dan air saling berkaitan erat. Perlu kita ketahui bersama bahwa bumi bukan warisan nenek moyang, tapi titipan anak cucu kita,” jelasnya.

Bupati Luwu Timur diwakili Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, April, mengapresiasi PT Vale yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah melakukan aksi penanaman pohon untuk menjaga ketersedian air bersih di masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan program bupati, yakni Peduli-ki Saya Jaga-ki.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan Luwu Timur dapat diteguhkan menjadi kawasan yang sangat peduli terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata peran aktif pemerintah berkolaborasi dengan PT Vale serta komunitas dan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Koramil 1403-16 Nuha, Letda Inf. Badaruddin, mengatakan TNI sangat mendukung program PT Vale mengenai penanaman pohon. Sebab, kegiatan penanaman pohon sejalan dengan program KSAD.

"Salah satu program KSAD terkait penanaman pohon di lahan kritis. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada PT Vale dengan adanya kolaborasi ini. Semoga ke depannya kegiatan ini tidak hanya sampai di sini, tetapi dapat terus berlanjut dengan melakukan penanaman di daerah lahan kritis. Saya berharap kepada masyarakat agar bisa merawat pohon yang ditanam hari ini untuk dinikmati anak cucu kita," ucapnya.

#PT Vale Indonesia