Rabu, 24 Januari 2024 08:15

Gubernur BI Apresiasi Sulsel Sukses Kendalikan Inflasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. (Foto: Pemprov Sulsel)
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. (Foto: Pemprov Sulsel)

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengapresiasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) atas keberhasilannya dalam mengendalikan inflasi, dengan pencapaian angka inflasi yang sesuai target pada Desember 2023 sebesar 2,81 persen.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengapresiasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menjadi salah satu daerah yang sukses mengendalikan inflasi.

Hal itu diakui Perry Warjiyo pada acara upacara pengukuhan Kepala Perwakilan BI Sulsel di Ruang Serbaguna Baruga Pinisi Kantor BI Perwakilan Sulsel, Selasa (23/1/2024).

"Terima kasih, Sulawesi Selatan termasuk yang sukses mengendalikan inflasi," katanya.

Baca Juga : Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah

Untuk di Sulsel, inflasi secara year on year (yoy) pada Desember 2023 sebesar 2,81 persen. Angka itu sesuai target 3 persen ± 1 persen.

Sementara, pada November 2023 tercatat 2,79 persen. Bahkan, angka inflasi Sulsel lebih rendah dibandingkan masional yang berada pada angka 2,86 persen. Angka inflasi itu untuk pertama kali selama lima tahun terakhir terendah di Indonesia.

"Kita terus lakukan gerakan nasional, untuk pengendalian inflasi pangan," imbuhnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, yang hadir pada kesempatan ini menyampaikan bahwa dalam upaya pengendalian inflasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bersama BI Perwakilan Sulsel senantiasa bersinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hal tersebut melalui pengembangan investasi melalui Forum Percepatan Investasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Sulawesi Selatan (Pinisi Sultan). Selain itu, penguatan ekspor/impor dan penguatan sektor pertanian terus dilaksanakan, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun pasar ekspor, di antaranya melalui edukasi praktik pengembangan tanaman hortikultura kepada masyarakat," jelasnya.

#BI Sulsel #Pemprov Sulsel