Sabtu, 30 Desember 2023 22:10

Reviu Macbook Air M1, Kinerja Maksimal hingga Aksesibilitas Lengkap

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Macbook Air M1. (Foto: Apple)
Macbook Air M1. (Foto: Apple)

Macbook Air M1 diklaim memiliki kinerja maksimal dengan chipset canggih, teknologi Neural Network Processing, baterai hemat daya, tingkat kebisingan rendah, penyimpanan optimal, serta tampilan yang jernih.

RAKYATKU.COM - Apple merupakan salah satu produsen elektronik terbesar yang telah menyebar hampir di seluruh dunia. Telah banyak produk Apple yang dirilis mulai dari ponsel, ipad, smartTV, hingga aksesoris lainnya.

Pada 2020, Apple kembali merilis Macbook Air M1 – salah satu produk Apple berupa laptop yang mudah dibawa ke mana-mana.

Produk ini sangat laris setelah perilisan. Bukan tanpa alasan, hal ini didukung oleh berbagai keunggulan yang melekat pada produknya. Selain itu, Macbook Air M1 ini disebut-sebut dapat digunakan hingga 24 jam tanpa henti. cocok untuk pekerja maupun anak sekolah.

Tidak sampai di situ, kami juga merangkum beberapa spesifikasi dan keunggulan Macbook Air M1 lainnya di bawah ini.

1. Kinerja Maksimal
Spesifikasi dan keunggulan Macbook Air M1 yang pertama terletak pada sistem operasi dan kinerjanya yang semakin maksimal. Hal tersebut diklaim langsung oleh Apple bahwa chipset pada Macbook Air M1 jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Chip yang digunakan adalah CPU 8-core dengan 4 core performa dan 4 core efisiensi, Neural Engine 16-core, dan GPU 7-core.

Itulah yang membuat Macbook ini jauh lebih bertenaga pada bagian pengujian single core dan multi-core. Untuk pengujian single core, Macbook ini mendapat skor 1.697 dan 7.433 pada pengujian multi-core. Selain itu, Macbook ini memiliki empat inti firestorm berperforma tinggi dan empat inti icestorm yang hemat daya.

2. Menggunakan Teknologi Neural Network Processing
Tidak hanya itu, Macbook Air M1 ini telah menggunakan teknologi neutral network processing. Ini membuat Macbook ini lebih awet dan tahan lama meskipun digunakan bekerja seharian. Apple juga menghadirkan teknologi Unified memory architecture yang mampu melakukan transmisi data lebih cepat. Dengan begitu, macbook ini dapat bekerja lebih efisien dan efektif – cocok digunakan oleh siapapun dengan profesi apapun.

Selain itu, macbook ini diproduksi dengan layar berukuran 13,3 inci diagonal yang dilengkapi dengan lampu latar LED dan teknologi IPS. Resolusi yang dihasilkan pun sekitar 2.560 x 1.600 pada 227 piksel per inci yang didukung dengan jutaan warna. Ini membuat gambar yang dihasilkan lebih jernih dan tajam. Untuk skala resolusi yang mendukung macbook ini adalah 1.680 x 1.050, 1.440 x 900, dan 1.024 x 640 piksel.

3. Lebih Hemat Daya
Spesifikasi dan keunggulan Macbook Air M1 selanjutnya terletak pada baterainya yang lebih hemat dan tahan daya. Dengan dukungan chipset yang digunakan membuat Macbook ini lebih hemat daya meskipun telah digunakan seharian atau telah menjalankan perintah berat.

Selain itu, dengan bantuan neural processing membuat kinerja CPU dan GPU pada macbook lebih optimal. Ini juga membuat cara komponen berinteraksi satu sama lain menjadi lebih efektif dan efisien.

Untuk baterai yang digunakan adalah baterai LiPo 49,9 w/h dan mampu menjalankan pemutaran film menggunakan aplikasi Apple TV hingga 18 jam atau bekerja dan berselancar di internet selama 15 jam. Baterai ini juga dikemas dengan adaptor baterai berkoneksi USB tipe-C dengan daya 30 W.

4. Tingkat Kebisingan Lebih Rendah
Apple juga telah merancang Macbook Air M1 dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Meskipun demikian, suara yang dihasilkan begitu jernih dan dapat terdengar jelas meskipun dalam keadaan atau aktivitas yang demanding.

Selain itu, macbook ini dilengkapi dengan speaker stereo dengan suara berjangkauan luas. Speaker tersebut didukung dengan dolby atmos dengan tiga mikrofon pembentuk sinyal direksional. Terdapat juga jack headphone 3,5 mm pada macbook ini – mendukung Anda saat melakukan pertemuan jarak jauh.

5. Penyimpanan dan Tampilan Lebih Optimal
Selain suara yang dihasilkan lebih jernih, daya penyimpanan dan tampilan Macbook Air M1 ini semakin optimal. Terdapat SSD berkapasitas 256 GB yang mampu menyimpan setiap data dan aplikasi Anda. Tersedia 3 pilihan memori yaitu 512 GB, 1 TB, dan 2 TB. Meskipun demikian – kinerja Macbook ini tetap maksimal.

Selain itu, macbook ini dilengkapi dengan teknologi true tone, warna luas (p3), dan kecerahan hingga 400 nit yang mampu menghasilkan gambar lebih real time dan jernih.

Untuk mendukung kinerja dan tampilan macbook, terdapat papan ketik dan trackpad yang terdiri atas 78 tombol (AS) atau 79 tombol (ISO) - termasuk 12 tombol fungsi dan 4 tombol panah. Disekitarnya telah dilengkapi sensor cahaya yang akan membantu Anda bekerja dalam keadaan gelap.

6. Aksesibilitas Lebih Lengkap
Apple juga telah melengkapi Macbook Air M1 ini dengan aksesibilitas yang lebih lengkap. Terdapat fitur voice over yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan secara multi-fungsi terutama saat Anda dalam keadaan sibuk. Macbook ini juga dilengkapi dengan fitur dikte, kontras, fitur gerakan, dan kontrol penglihatan. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan macbook bekerja bahkan tanpa sentuhan tangan Anda.

Dengan spesifikasi dan keunggulan Macbook Air M1 tersebut, pekerjaan dan tugas-tugas Anda dapat lebih terbantukan. Selain itu, produk ini lebih ringan dan mudah dibawah kemana-mana.

Pembelian Macbook Air M1 ini pun dapat Anda lakukan secara daring melalui Blibli. Setiap transaksi Anda pun akan mendapatkan garansi selama 1 tahun. Jadi, dapatkan segera Macbook Air M1 incaran Anda hanya di Blibli.

#Reviu Macbook Air M1