Rabu, 15 November 2023 10:10

Pj Wali Kota Parepare Pimpin Apel Siaga Bencana, Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Cuaca Ekstrem

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Apel siaga bencana di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (15/11/2023).
Apel siaga bencana di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (15/11/2023).

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, memimpin apel siaga bencana dengan partisipasi lebih dari 1.000 peserta, termasuk personel militer, kepolisian, dan berbagai instansi terkait, sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, khususnya cuaca ekstrem.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, memimpin apel siaga bencana di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (15/11/2023). Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menghadapi potensi bencana hidrometeorologi saat cuaca ekstrem.

Apel diikuti 1.115 peserta melibatkan personel Kodim 1405/Mallusetasi, Brigif XI Badik Sakti, Polres Parepare, Batalyon B Pelopor Polda Sulsel, Basarnas, Satpol PP, BPBD, BUMN, BUMD, serta perwakilan RT dan RW.

"Apel siaga ini dilaksanakan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi bencana alam, terutama dalam menghadapi cuaca ekstrem. Pemerintah siap untuk bekerja sama dalam upaya mengantisipasi dan mengelola resiko bencana," ujar Akbar Ali.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Akbar Ali, yang juga menjabat Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri BSKDN Kemendagri, mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap bencana, khususnya banjir yang kerap melanda beberapa titik.

"Kedaruratan lebih kepada pengurangan risiko sehingga bencana hidrometeorologi bisa diantisipasi secara dini," katanya.

Dia juga menyoroti peran aktif masyarakat dalam upaya mengantisipasi bencana alam, terutama banjir. "Antisipasi bencana adalah tanggung jawab bersama, termasuk kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sekitar," pesannya.

#Pemkot Parepare