Kamis, 21 September 2023 14:36

PT Vale dan Unhas Jalin Kerja Sama Strategis Bidang Riset dan Pendidikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Director of External Relations PT Vale, Endra Kusuma (kanan), bersama Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Adi Maulana, berfoto usai penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/9/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)
Director of External Relations PT Vale, Endra Kusuma (kanan), bersama Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Adi Maulana, berfoto usai penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/9/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani tiga perjanjian kerja sama (PKS) yang mencakup pemantauan biodiversity di wilayah tambang PT Vale, bantuan biaya pendidikan untuk Program Studi Teknik Metalurgi, dan program co-ops untuk mahasiswa Unhas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Vale Indonesia dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani tiga perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/9/2023).

Kerja sama yang disepakati terkait piloting sistem monitoring biodiversity untuk pengelolaan kawasan konservasi bernilai tinggi di kawasan tambang Vale, pemberian bantuan biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi untuk Program Studi (Prodi) Teknik Metalurgi, serta pelaksanaan program co-ops bagi mahasiswa Unhas.

PKS ditandatangani Director of External Relations PT Vale PT Vale, Endra Kusuma, dan Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas, Adi Maulana, disaksikan perwakilan kedua pihak.

Endra mengatakan penandatanganan PKS sebagai bentuk tindak lanjut dari nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Rektor Unhas, Wakil Rektor IV, dan CEO PT Vale di Jakarta pada awal 2023.

Baca Juga : Universitas Hasanuddin Sosialisasi Pengawasan UTBK SNBT Tahun 2024

Pelibatan perguruan tinggi, kata dia, penting bagi PT Vale karena akan memperkuat fungsi kedua institusi. Sebagai industri pertambangan, PT Vale berperan menyediakan lapangan kerja. Sementara, perguruan tinggi berfungsi menyiapkan lulusan unggul dan siap bersaing.

"Secara bertahap kami membuka kuota untuk 10 orang mahasiswa yang akan menjalani program co-ops atau magang di PT Vale. Peserta akan diseleksi tim Unhas dan PT Vale. Kedua, ada resources terkait biodiversity. Unhas akan membantu PT Vale dalam pemetaan, penyediaan bank data keanekaragaman hayati, dan semacamnya. Ketiga, kami memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa Prodi Teknik Metalurgi Unhas. Bersama-sama kami juga akan menelaah perkembangan kerja sama ini agar dapat semakin ditingkatkan ke depan,” jelasnya.

Di luar kerja sama ini, PT Vale dan Unhas telah lama menjalin sinergi di berbagai bidang, termasuk riset, inovasi, dan peningkatan kualitas SDM. Misalnya program co-ops, yang bukan pertama kali dilaksanakan PT Vale. Co-ops telah dijalankan sejak masa PT INCO. Program ini berhasil mencetak alumni yang sukses menjadi pemimpin di industri pertambangan, salah satunya di PT Vale.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas, Adi Maulana, menjelaskan program co-ops akan dibuka bagi mahasiswa semester enam Unhas. Program ini diharapkan menjadi jembatan bagi mahasiswa agar bisa mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja sehingga mereka bisa memiliki pengalaman bekerja di industri khususnya pertambangan.

“Program co-ops sangat terasa hasilnya. Tahun lalu kami berdiskusi dengan PT Vale untuk membuka program ini kembali. Kami senang sekali karena PT Vale, sebagai mitra strategis, setuju. Kami ingin mahasiswa punya kesempatan terjun di dunia industri sehingga kompetensi dan kapasitas mereka bertambah. Ini yang akan membantu mereka matang sebelum masuk ke dunia kerja. Mudah-mudahan, ke depan kerja sama ini bisa selalu produktif, sehingga memberikan manfaat yang besar,” jelasnya.

#PT Vale Indonesia #Universitas Hasanuddin