Kamis, 07 September 2023 22:24

Diserahkan Mentan SYL, Amran Mahmud Terima Penghargaan Anugrah Perkebunan Indonesia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diserahkan Mentan SYL, Amran Mahmud Terima Penghargaan Anugrah Perkebunan Indonesia

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang dikonfirmasi usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo atas penghargaan yang diberikan.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Pemerintah Kabupaten Wajo di bawah kepemimpinan Bupati, Amran Mahmud dan Wakil Bupati, Amran kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, penghargaan dari Kementerian Pertanian berupa Anugrah Perkebunan Indonesia.

Untuk Pemerintah Daerah, Penghargaan Anugrah Perkebunan Indonesia tahun 2023 ini diterima oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Wajo dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir. Untuk Pemkab Wajo sendiri, penghargaan ini yang kedua kalinya diterima setelah sebelumnya diterima juga pada tahun 2022 lalu.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud yang diserahkan oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Pembukaan Perkebunan Indonesia Expo 2023 (the 2nd Bunex 2023) di Kota Tangerang, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga : Pj Bupati Wajo Andi Batarlifu Sebut APIP Berperan Sebagai Quality Assurance

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang dikonfirmasi usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo atas penghargaan yang diberikan. Apalagi, Anurah Perkebunan Expo tersebut juga telah diterima pada tahun 2022 lalu.

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan wujud dari upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Wajo dalam menggerakkan perekonomian daerah dan mengembangkan hilirisasi perkebunan.

"Untuk mengembangkan hilirisasi perkebunan di Kabupaten Wajo, salah satunya dengan mendorong UMKM yang berbahan pangan atau bahan utama produk perkebunan untuk mendaftarkan di BPOM sebagai jaminan mutu pangan. Setidaknya, saat ini sudah ada 24 UMKM binaan kita yang memiliki jaminan mutu pangan atau sertifkasi BPOM," ucap Amran Mahmud.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Lantik 24 Pejabat Termasuk Camat

"Selain itu, melalui Dinas Pertanian juga kita aktif memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang mutu dan standarisasi, pengolahan, pengembangan usaha dan pemasaran hasil pertanian dan perkebunan," tambahnya.

Ketua DPD PAN Wajo ini berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk terus meningkatkan dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya perkebunan yang dimiliki, termasuk sektor pertanian.

"Kami juga mengapresiasi atas kerja keras dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk terus memberikan pembinaan kepada masyarakat, menggerakkan perekonomian melalui pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan," ucapnya.

Baca Juga : Perda Inisiatif DPRD Wajo Jadi Acuan, DPRD dan Dinas Pangan Sulsel Godok Ranperda Baru

Sementara, Kepala DPKP Kabupaten Wajo, Ashar yang mendampingi Bupati Wajo pada penerimaan penghargaan tersebut menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan arahan dari Kementan RI dan jajaran Pemprov Sulsel selama ini.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati atas arahannya serta kebersamaan dari teman-teman DPKP Wajo," pungkasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Syahrul Yasin Limpo #Kementerian Pertanian