Kamis, 31 Agustus 2023 13:11

UPP Saber Pungli Sulsel Monev Kegiatan 2023 dan Rencanakan Aksi 2024 di Sidrap

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Unit Pemberantasan Pungli Sapu Bersih Pungutan Liar (UPP Saber Pungli) Provinsi Sulawesi Selatan saat diterima UPP Saber Pungli Sidrap di Ruang Sekertariat UPP Saber Pungli Kantor Inspektorat Sidrap, Rabu (30/8/2023).
Unit Pemberantasan Pungli Sapu Bersih Pungutan Liar (UPP Saber Pungli) Provinsi Sulawesi Selatan saat diterima UPP Saber Pungli Sidrap di Ruang Sekertariat UPP Saber Pungli Kantor Inspektorat Sidrap, Rabu (30/8/2023).

UPP Saber Pungli Sulsel melakukan pemantauan dan evaluasi kegiatan 2023 serta merumuskan rencana aksi tahun 2024 di Sidrap. Dalam kunjungan ini, UPP Saber Pungli Sulsel memeriksa implementasi instruksi di kabupaten/kota dan menganalisis risiko pungutan liar dalam sektor pelayanan publik guna mencapai tata kelola pemerintahan yang bebas dari gratifikasi dan pungli.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Unit Pemberantasan Pungli Sapu Bersih Pungutan Liar (UPP Saber Pungli) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di Kabupaten Sidrap, Rabu (30/8/2023).

Selain monev kegiatan 2023, kunjungan itu sekaligus memantapkan rencana kerja UPP Saber Pungli Kabupaten Sidrap tahun 2024.

Rombongan UPP Saber Pungli Sulsel dipimpin Shinta Rahmi Mansyur. Mereka disambut Ketua UPP Saber Pungli Sidrap, Kompol M. Akib, didampingi Sekretaris, Amannang Saily Endeng, di Ruang Sekertariat UPP Saber Pungli Kantor Inspektorat Sidrap.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Dalam monev tersebut, Amannang memaparkan berbagai kegiatan tahun 2023 dan rencana kegiatan untuk tahun 2024.

Monev itu, kata dia, juga merupakan langkah untuk melakukan pemetaan risiko pungli yang bisa terjadi pada sektor pelayanan publik.

"Demi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bebas dari gratifikasi dan pungli," ujarnya.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Sementara, Shinta mengungkap kedatangan mereka untuk memastikan apakah kegiatan UUP kabupaten/kota sudah berjalan dengan instruksi.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan di kabupaten/kota, apakah berjalan sesuai dengan instruksi pada awal tahun," ucapnya.

Selanjutnya, Tim Saber Pungli Sulsel didampingi Tim Saber Pungli Sidrap meninjau beberapa tempat pelayanan publik. Salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

Turut dikunjungi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) serta pelayanan SIM di Polres Sidrap.

#UPP Saber Pungli Sulsel #UPP Saber Pungli Sidrap #pemkab sidrap