Rabu, 09 Agustus 2023 14:18

Jalan Sehat Anti Mager Meriahkan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 di Wajo

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Antusias para peserta yang mengikuti Jalan Sehat Anti Malas Gerak (Mager) di Kabupaten Wajo, Rabu (9/8/2023).
Antusias para peserta yang mengikuti Jalan Sehat Anti Malas Gerak (Mager) di Kabupaten Wajo, Rabu (9/8/2023).

Gerakan Jalan Sehat Anti Malas Gerak (Anti Mager) meriahkan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 di Wajo, dengan ribuan peserta dari berbagai lapisan masyarakat yang dilepas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

RAKYATKU.COM, WAJO - Gerakan Jalan Sehat Anti Malas Gerak (Mager) digelar di Kabupaten Wajo untuk ketiga kalinya, Rabu (9/8/2023).

Kali ini menjadi rangkaian Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 yang telah digelar sejak Selasa (8/8/2023) dan akan berlangsung hingga Jumat (9/8/2033).

Para peserta dilepas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Lapangan Merdeka, Sengkang, dan finis di RTH Callaccu, Sengkang, lokasi Expo Dekranasda Sulsel.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk peserta Expo Dekranasda Sulsel dan tamu kehormatan, antusias mengikuti jalan sehat ini. Di samping mendukung kesehatan, partisipan juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, seperti paket umrah dan berbagai barang elektronik.

Andi Sudirman mengapresiasi antusiasme masyarakat Wajo dalam mendukung Jalan Sehat Anti Mager. Ia mendorong semangat hidup sehat dan menekankan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. "Kegiatan ini kita galakkan untuk menerapkan pola hidup sehat," ujarnya.

Sosok yang akrab disapa Gubernur Andalan itu tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Wajo, Amran Mahmud, atas pelaksanaan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023. Ia berharap acara ini dapat memicu industri sutra dan menghidupkan perekonomian Wajo.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulsel yang menunjuk Wajo sebagai tuan rumah Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023.

Amran berharap pelaksanaannya menghidupkan kembali produksi sutra lokal yang sempat terhenti selama dua dekade. Namun, pada akhir 2022 lalu petani Wajo akhirnya kembali menghasilkan sutra asli. "Itu berkat support dari Pak Gubernur Andalan yang sangat peduli akan kebangkitan sutra di Sulsel," ucapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya acara Jalan Sehat Anti Mager dan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan 2023 sebagai sarana meningkatkan perekonomian Wajo.

Baca Juga : Hardiknas 2024 di Wajo, Dimeriahkan Senam Massal, Jalan Sehat, Lomba Seni hingga Pameran

"Di RTH Callaccu ini ada sekitar 100 UMKM dari 10.200 UMKM binaan kami. Semoga dengan adanya acara ini entrepreneur-entrepreneur baru terus bermunculan sehingga membangkitkan perekonomian di Bumi Lamaddukelleng," tuturnya.

Amran tidak lupa berterima kasih ke Pemprov Sulsel, Bank Sulselbar, PT Darmawan Tours, para sponsor, dan semua pihak yang ikut berkontribusi dalam acara ini.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulsel memberikan bantuan kepada korban kebakaran dan mendukung dunia literasi melalui sumbangan buku dari Dinas Perpustakaan Sulsel. Selain itu, dalam momentum ini, secara resmi diumumkan bahwa Wajo akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVIII 2026 mendatang.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Usai acara, Gubernur Sulsel bersama para tamu kehormatan meresmikan Masjid Cantik Ramah Anak Al-Amanah dan Pojok Literasi Al-Amanah. Kunjungan dilanjutkan ke UPTD Textile di Sempange, Kecamatan Tanasitolo, menggunakan Bus Trans Andalan Sulsel yang juga baru diresmikan. Rangkaian kunjungan ditutup dengan singgah di Saoraja Mallangga.

Sejumlah tokoh hadir, termasuk Anggota DPR RI, Andi Yuliani Paris, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, serta sejumlah kepala daerah, seperti Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, serta Bupati Sidrap, Dollah Mando.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Pemprov Sulsel #pemkab wajo #Jalan Sehat Anti Mager #Andi Sudirman Sulaiman #Amran Mahmud