Selasa, 11 Juli 2023 08:10

KALLA Gandeng Lenovo Indonesia dan Rentalworks Kolaborasi Hadirkan Transformasi Digital Ramah Lingkungan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: KALLA)
(Foto: KALLA)

KALLA bekerja sama dengan Rentalworks dan Lenovo Indonesia menghadirkan transformasi digital ramah lingkungan melalui system Device-as-a-Service (DaaS), dengan fokus pada efisiensi sumber daya, pengurangan limbah, dan dukungan terhadap ekonomi sirkular di Indonesia.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KALLA menggandeng Rentalworks dan Lenovo Indonesia dalam menghadirkan transformasi digital melalui system Device-as-a-Service (DaaS) sebagai metode pengadaan dan pengelolaan aset teknologi informasi (TI) yang ramah lingkungan bagi perusahaan. Langkah ini bentuk komitmen terhadap ekonomi sirkular dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

KALLA melakukan transformasi digital untuk tempat kerja yang lebih cerdas dengan berfokus pada efisiensi sumber daya dan pengurangan limbah yang kemudian hadir melalui kerja sama dengan Rentalworks dan Lenovo Indonesia melalui berbagai langkah. Langkah itu di antaranya mendorong penggunaan dan pembaruan kembali perangkat, meminimalkan limbah elektronik dan optimalisasi penggunaan perangkat, serta mendukung daur ulang perangkat.

People Performance Director KALLA, Disa Rizky Novianty, mengungkapkan saat ini perusahaan sangat menyadari pentingnya mendorong transformasi digital dan mewujudkan sirkular ekonomi yang dapat sejalan dalam mengurangi limbah elektronik.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

"KALLA sangat antusias dalam menyambut transformasi digital. Di sisi lain perusahaan juga senantiasa aware terhadap keberlangsungan lingkungan hidup ke depannya sehingga setiap aktivitas kerja hingga program yang dilakukan kami berupaya sebisa mungkin untuk menghadirkan inovasi alternatif yang dapat mengurangi zat buangan yang berbagai jenis, salah satunya lembah elektronik,” kata Disa, Senin (10/7/2023).

General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, mengungkapkan rasa bangganya karena dapat mendukung inisiatif KALLA dalam transformasi digital yang fokus terhadap ekonomi sirkular dan mengurangi limbah elektronik dengan menggunakan produk Lenovo yang telah menenangkan berbagai penghargaan mulai dari komputer pribadi hingga pusat data untuk digunakan KALLA dalam bekerja, seperti ThinkPad dan ThinkCentre serta bekerja sama dengan Rentalworks.

“Di Lenovo kami memiliki dedikasi dalam memberikan solusi berkelanjutan untuk membantu pelanggan kami dalam mencapai tujuan pengelolaan lingkungannya dengan lebih cepat. Mulai dari teknologi berkelanjutan hingga efisiensi energi dan aksi pengendalian iklim yang lebih cerdas, kami berupaya memberikan dampak positif bagi planet ini," ujarnya.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Country Director Rentalworks Indonesia, Primawan Badri, mengungkapkan DaaS memberikan manfaat secara operasional dan finansial. Selain itu juga memberikan manfaat yang signifikan terhadap lingkungan dengan mendukung sirkular ekonomi dan pengurangan limbah elektronik.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Lenovo dalam menghadirkan konsep Device-as-a-service yang inovatif untuk KALLA. Dengan keahlian kami dalam solusi sewa jangka panjang dan teknologi terdepan dari Lenovo, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi KALLA dan masyarakat luas,” ungkapnya.

Melalui DaaS, KALLA dapat menyewa perangkat yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu, disertai dengan berbagai layanan dari tim Rentalworks dan Lenovo untuk kelancaran dan efisiensi operasional IT. Layanan ini juga termasuk unit pengganti darurat, premium IT support, asuransi all-risk, asset management tool gratis, dan penghapusan data bersertifikat.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Pada akhir masa pakai, perangkat dapat diperbaharui untuk digunakan kembali atau didaur ulang sesuai dengan kebijakan yang berlaku untuk mengurangi limbah elektronik. Melalui Device-as-a-Service, KALLA berkontribusi nyata terhadap keberlanjutan lingkungan dengan mendukung ekonomi sirkular dan mengurangi limbah elektronik.

Dengan adanya kerja sama ini, KALLA, Lenovo Indonesia dan Rentalworks berharap dapat menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan untuk bisnis di Indonesia dan turut serta dalam mengurangi pencemaran limbah khususnya pada jenis elektronik.

#Kalla Group