Senin, 10 Juli 2023 08:10

KALLA Raih Predikat Sangat Baik Program CSR Energi Bersih dan Terjangkau NCSRA 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan penghargaan Nusantara Corporate Social Responsibility Awards (NCSRA) 2023 yang digelar La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta 5 Juli 2023. (Foto: KALLA)
Penyerahan penghargaan Nusantara Corporate Social Responsibility Awards (NCSRA) 2023 yang digelar La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta 5 Juli 2023. (Foto: KALLA)

KALLA meraih predikat Sangat Baik dalam Program CSR Energi Bersih dan Terjangkau NCSRA 2023 melalui Program Kampung Hijau Energi, yang mengintegrasikan pertanian ramah lingkungan dan memberdayakan komunitas desa untuk menghasilkan energi bersih dan terjangkau, dengan dampak positif, inovatif, serta mudah diimplementasikan dan diukur.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - KALLA kembali meraih penghargaan nasional atas prestasi perusahaan dalam corporate social responsibility (CSR) melalui ajang Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2023. Acara penghargaan CSR tahunan ini diselenggarakan La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta 5 Juli 2023.

KALLA berhasil meraih predikat Sangat Baik dalam program CSR kategori Energi Bersih dan Terjangkau melalui Program Kampung Hijau Energi: Berdayakan Komunitas Desa Hasilkan Energi Bersih dan Terjangkau. Program ini mengintegrasikan pertanian ramah lingkungan dan telah dinilai memberikan dampak positif, inovatif, serta mudah diimplementasikan dan diukur.

"Alhamdulillah, KALLA berhasil mendapatkan apresiasi nasional di bidang CSR. Penghargaan ini merupakan hasil dari kepedulian utama perusahaan kami terhadap isu energi bersih dan terjangkau, yang diikuti dengan berbagai aksi korporasi, salah satunya program Kampung Hijau Energi yang memberdayakan energi ramah lingkungan di desa," ungkap Subhan Djaya Mappaturung, Chief Corporate Secretary, Legal, and Marketing Officer KALLA, Ahad (9/7/2023).

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Program Kampung Hijau Energi bertujuan mengatasi masalah tingginya ketergantungan warga desa pada gas komersial, seperti LPG, serta kurangnya pengetahuan mengenai energi bersih yang melimpah di perdesaan.

Melalui riset mendalam yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla, ditemukan bahwa potensi energi hijau, terutama bioenergi-biogas dan biofertilizer-bio-slurry, sangat besar di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang didominasi oleh sektor pertanian dan peternakan.

Selama 2022, program Kampung Hijau Energi berhasil membangun empat sarana digester biogas. Selain menjadi pusat edukasi bagi warga desa dalam meningkatkan pengetahuan mengenai biogas dan alternatif pengolahan kotoran hewan ternak, sarana ini juga berhasil melatih 40 orang kader komunitas di empat desa.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Sebanyak 200 warga desa secara bersamaan telah mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan desa berbasis energi baru terbarukan melalui kehadiran kebun contoh untuk aplikasi pupuk hasil produksi.

Program ini juga berhasil mengidentifikasi potensi kebun seluas 10 hektare untuk budidaya ramah lingkungan dan menghasilkan pupuk organik cair (POC) sebanyak tiga ton per bulan, memberikan tambahan pendapatan sebesar Rp16 juta per bulan bagi petani.

"Selain CSR, KALLA sangat peduli terhadap energi hijau, seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di berbagai lokasi di Indonesia yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Selain itu, pembangunan properti Nipah Park yang telah mendapatkan sertifikat hijau pertama di Indonesia Timur. Penghargaan ini tentu menjadi motivasi tambahan bagi kami untuk terus berkontribusi dalam mendukung keberlangsungan hidup masyarakat," tambah Subhan.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

Nusantara CSR Awards edisi 2023 menggunakan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai acuan dalam menilai dan menghargai berbagai inisiatif tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan. Acara ini mendapatkan sambutan positif dari kalangan dunia usaha, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nusantara Awards 2023 diikuti oleh 78 perusahaan dengan total 151 program CSR yang didaftarkan.

"Penyelenggaraan Kongres Nasional CSR dan SDGs 2023 menjadi langkah awal sebelum pemberian penghargaan Nusantara CSR Awards kali ini, dengan tujuan untuk menciptakan pemahaman bersama tentang bagaimana perusahaan dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan SDGs yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata La Tofi, Chairman La Tofi School of Social Responsibility.

#Kalla Group