Jumat, 30 Juni 2023 20:05

PSM Makassar Perkenalkan Jersei Musim 2023/2024, Usung Filosofi Ombak dan Coppo Bola

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PSM Makassar)
(Foto: PSM Makassar)

Jersei terbaru PSM Makassar mengusung filosofi ombak dan coppo bola sebagai simbol semangat tak kenal menyerah dan kebanggaan atas identitas serta warisan budaya Sulawesi Selatan. Dimensi ombak melambangkan ketangguhan orang Bugis Makassar serta corak pattern coppo bola mencerminkan jiwa perantau.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar memperkenalkan jersei untuk musim 2023/2024. Identitas warna merah sebagai jersei kandang tetap dipertahankan, sedangkan putih untuk jersei tandang.

Konsep yang diusung dalam desain jersei terbaru ini: PSM adalah Rumah, Ayo Perjuangkan!.

Jersei terbaru PSM mengusung filosofi ombak dan coppo bola yang kental dengan budaya masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Dimensi ombak yang melambangkan ketangguhan dan ketabahan orang Bugis Makassar terlihat jelas pada rajutan bodi jersei.

Baca Juga : PT Vale dan PSM Makassar Kolaborasi Tingkatkan Pengembangan Ekraf di Lutim

"Dimensi ombak dan coppo bola terlihat di jersei Wiljan Pluim dan kolega," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Melalui simbolik ombak ini, PSM ingin menunjukkan semangat tak kenal menyerah dalam menghadapi setiap tantangan musim baru.

Jersei ini juga dihiasi dengan lambang pinisi di dada, menggambarkan kesatuan antara pemain, suporter, dan manajemen tim dalam mengarungi perjalanan kompetisi.

Baca Juga : PT Vale Sponsori PSM Makassar

Tak hanya itu, corak pattern coppo bola yang berbentuk segitiga khas atap rumah Bugis Makassar juga terlihat memukau pada bagian lengan jersei.

Simbol lima garis pada coppo bola melambangkan rumah bangsawan atau raja, menegaskan posisi PSM sebagai raja di kompetisi sepak bola Indonesia.

Melalui elemen ini, tim ingin menyampaikan pesan bahwa mereka bermain dengan bangga dan memiliki kebanggaan atas identitas dan warisan budaya Sulsel.

Baca Juga : Reza Arya Pratama Dipastikan Tidak Alami Cedera Serius

Tak hanya menjadi semangat tim di atas lapangan, filosofi coppo bola juga mencerminkan jiwa perantau orang Bugis Makassar yang meskipun jauh dari kampung halaman, tetap membawa dan mengakar dalam hati mereka. Hal ini tecermin dari dukungan yang tak tergoyahkan dari suporter PSM di mana pun tim bermain.

Manajemen PSM berharap semangat dan filosofi yang diusung dalam desain ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh elemen tim dan para suporter dalam mendukung perjalanan tim pada musim kompetisi mendatang.

Ewako, PSM Makassar! Semoga sukses di musim baru!

#PSM Makassar