Senin, 26 Juni 2023 16:13

Program Redistribusi Tanah, 311 Sertifikat Tanah Diberikan kepada Warga di Luwu Utara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), saat penyerahan sertifikat tanah kepada warga UPT Buso Desa Sassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Ahad (25/6/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), saat penyerahan sertifikat tanah kepada warga UPT Buso Desa Sassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Ahad (25/6/2023).

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyerahkan 311 sertifikat tanah kepada warga sebagai bagian dari program redistribusi tanah. Ia berharap agar semua desa di Kabupaten Luwu Utara dapat mengusulkan sertifikat tanah bagi yang belum disertifikatkan sehingga memungkinkan pengembangan usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyerahkan 311 sertifikat tanah kepada warga UPT Buso Desa Sassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Ahad (25/6/2023).

Indah menuturkan, program redistribusi tanah pada 2022 terdapat sekitar 1.189 khusus lahan transmigrasi dan 311 di antaranya di UPT Buso.

Tidak hanya itu, untuk tahun ini khusus di Desa Sassa terdapat program persertifikatan sawit rakyat sebanyak 98 persil.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

"Kita berharap semua desa, termasuk di Desa Sassa, agar yang belum disertifikatkan juga bisa diusulkan," kata Indah.

"Selamat untuk seluruh warga Buso yang secara resmi menerima sertifikatnya. Hal ini menandakan status kepemilikan lahan sah dan telah legal dibuktikan dengan sertifikat," terangnya.

Indah menyebutkan, sertifikat yang diterima bisa dimanfaatkan untuk pengembangan usaha.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

“Boleh dititip di lembaga keuangan dan perbankan asal jangan melalui pinjol atau lembaga yang tidak resmi. Pemda juga memiliki program bantuan Usaha Ultra Mikro (UMi) kerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Pemda yang tanggung bunganya dan ini sudah tahun kedua program berjalan. Bapak-Ibu yang punya usaha bisa komunikasi dengan DP2KUKM untuk persyaratannya," jelasnya.

Indah berharap program pemerintah betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat. “Negara hadir untuk dua hal, yaitu untuk memberi rasa aman dan kesejahteraan. Pesan saya jangan lupa bayar pajak karena dengan pajak kita membantu pembangunan di daerah," pesannya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani