Jumat, 23 Juni 2023 22:14

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Dukung Polda Sulsel dalam Pencegahan dan Penanganan TPPO

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Dukung Polda Sulsel dalam Pencegahan dan Penanganan TPPO

Penanganan Pencegahan TPPO dibutuhkan sinergitas antar sektor yang berperan dalam perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) bersama Polda Sulsel, Pemprov Sulsel, Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulsel, Pelindo Regional IV Sulsel, dan Angkasa Pura I Bandara Internasional Hasanuddin bersinergi dalam upaya pencegahan dan penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Sinergitas ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang di Provinsi Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan di Lobby Lontang Addupangeng Bharadaksa Lt. 1 Mapolda Sulsel, Jumat(23/6).

Kantor Wilayah Sulsel sendiri, mewakili Kakanwil Liberti Sitinjak, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto ikut menandatangani kesepakatan bersama tersebut.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik, MoU Dilakukan Bulan Depan

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso dalam kesempatan tersebut mengatakan, Penanganan Pencegahan TPPO dibutuhkan sinergitas antar sektor yang berperan dalam perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI).

“Tanpa sinergitas, pencegahan TPPO tidak akan optimal,” ujar Kapolda Sulsel

Secara umum satgas TPPO ini juga akan melakukan pemetaan dan menindak jaringan TPPO di Indonesia.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Minta Manajemen W Super Club Hentikan Operasional

Terpisah, Kakanwil Sulsel, Liberti Sitinjak dalam keterangannya menyampaikan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya langkah Polda Sulsel bersinergi dengan berbagai pihak dalam melakukan pemberantasan TPPO di Sulsel.

“Tentunya kami akan bekerjasama secara penuh dengan Polda Sulsel untuk melakukan pencegahan terhadap TPPO. Kami sudah perintahkan jajaran Keimigrasian dan jajaran lainnya di Kanwil Kemenkumham Sulsel untuk secara serius membantu tugas Polda Sulsel dalam menindak jaringan TPPO di Sulsel,” kata Liberti Sitinjak.

Liberti juga tidak segan – segan mengingatkan anggotanya agar tidak terlibat dalam TPPO.

Baca Juga : Penjabat Ketua Dekranasda Sulsel Ninuk Triyanti Zudan Jadi Pembicara Talkshow Roadshow #KitaHalalin2024

“Tentunya kami tidak akan melakukan pembiaran jika ada anggota kami yang terlibat. Kami akan melakukan Tindakan tegas kepada pegawai yang terlibat dan menyerahkan Tindakan hukumnya ke pihak kepolisian,” tegas Liberti Sitinjak(**)

#TPPO #Kemenkumham Sulsel #Polda Sulsel #WNI #Pelindo Regional 4 Makassar #Angkasa Pura #Pemprov Sulsel